eprintid: 7250 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/72/50 datestamp: 2025-04-16 07:35:40 lastmod: 2025-04-16 07:35:40 status_changed: 2025-04-16 07:35:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulistyaningtyas, Dyah Ayu title: GARAP TARI BEDHAYA SRIGATI KARYA IMAM JOKO SULISTYO DI KABUPATEN NGAWI ispublished: unpub subjects: AC divisions: sch_geo full_text_status: public keywords: Tari Bedhaya Srigati, bentuk tari dan garap abstract: Penelitian Garap Tari Bedhaya Srigati Karya Imam Joko Sulistyo di Kabupaten Ngawi bertujuan untuk menganalisis bentuk tari Bedhaya Srigati dan garap tari Bedhaya Srigati. Permasalahan penelitian ini mengenai bentuk tari Bedhaya Srigati dan proses garap tari Bedhaya Srigati. Pembahasan mengenai bentuk menggunakan konsep bentuk yang dikemukakan oleh Sri Rochana Widyastutieningrum. Dalam hal ini menyangkut bentuk fisik dan bentuk ungkap. Pembahasan mengenai garap menggunakan konsep garap yang dikemukakan oleh Rahayu Supanggah yang meliputi materi garap, penggarap, sarana garap, prabot garap atau piranti garap, penentu garap, dan pertimbangan garap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk tari Bedhaya Srigati karya Imam Joko Sulistyo terdiri dari bentuk fisik dan bentuk ungkap. Bentuk fisik meliputi unsur-unsur tari; penari yang terdiri dari sembilan penari wanita dengan menggunakan rias busana yang sama, gerak, musik, rias dan busana, serta waktu dan tempat pertunjukan. Bentuk ungkap berisi tentang ungkapan rasa yang disampaikan melalui struktur sajian yaitu maju beksan, beksan, dan mundur beksan. Rasa ungkap yang ingin disampaikan adalah rasa tenang, khidmat, dan agung. Hasil garap tari Bedhaya Srigati yang meliputi materi garap berisi tentang gerak, musik, dan rias busana; penggarap yang berisi tentang koreografer dan komposer; sarana garap yang berisi tentang tubuh penari; prabot atau piranti garap berisi tentang ide atau gagasan penggarap, penentu garap berisi tentang garap tari dengan bentuk tari putri gaya Surakarta; dan pertimbangan garap berisi tentang tujuan diciptakan date: 2023-06-27 date_type: completed pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Bintang, Hadi Nur Baiti. “Tata Rias Bedhaya Srigati di Sanggar Soeryo Budoyo Kabupaten Ngawi” e-Journal Vol.09 No 2 (2020), Edisi Yudisium 2 Tahun 2020: 157-165. Erika, Meilanawati Renansia. 2022. “Garap Tari Bedhaya Saptongkara Karya I Nyoman Cahya Bersama Sulistyo Haryanti”. Skripsi S-1 Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia, Surakarta. Hadi, Y Sumandiyo. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: elKAPHI. . 2007. Kajian Tari; Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher bekerja sama dengan Jurusan Seni Tari Press FSP ISI Yogyakarta. Irene, Firmanila Puspita Sari. 2015. “Kajian Koreografi Tari Bedhaya Srigati Kabupaten Ngawi Jawa Timur”. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Koentjaraningrat. 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta. Balai Pustaka. Langer, Suzane.K. 1988. Problematika Seni, alih bahasa F.X Widaryanto. Bandung: Akademi Seni Tari Indonesia. Lexy, J Moleong. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Maryono. “Estetika Seni Pertunjukan Tari” Greget, Jurnal Pengkajian dan Penciptakan Seni Vol. 9 No 2 (Desember 2010):135-145. . 2011. Penelitian Kualitatif Seni Pertunjukan. Surakarta: ISI Press Solo Murgiyanto. Sal. 1983. Seni Menata Tari. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta. Ratih, Kusumaningrum. 2016. “Fungsi Tari Bedhaya Srigati dalam Upacara Ganti Langse”. Skripsi S-1 Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia, Surakarta. 95 Sedyawati, Edy. 1984. Tari: Tinjauan dari Berbagai Segi. Bandung. Pustaka Jaya Shinta, Dewi Harmulasari, 2018. “Garap Tari Orek-Orek Karya Sri Widajati di Kabupaten Ngawi”. Skripsi S-1 Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia, Surakarta Soedarsono, R.M. 1978. Diktat Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta. ASTI. Sri, Maryati Andayani, 2018. “Tinjauan Garap Gerak Tari Penthul Melikan di Dusun Melikan Desa Tempuran Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi”. Skripsi S-1 Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia, S urakarta . 2002. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan II: Garap. Surakarta: ISI Press. Supriyanto, Eko. “Eksistensi Tari Bedhaya Ketawang” Jurnal Acintya Penelitian Seni Budaya Vol.10 No 2 (2018):169-170. Tasman, A. 1990. Komposisi “Tolu” Garapan Bedhaya. Surakarta. Sanjaya copy photo. . 2008. Analisa Gerak dan Karakter. Surakarta: ISI Press. Wahyu, Santoso Prabowo. “Tari Bedhaya Sebuah Gatra Keunggulan dalam Seni Pertunjukan Indonesia” Jurnal Masyarakat Musikologi Indonesia Seni Pertunjukan Indonesia Vol.VII No 7 (September 1996):128-152. Widyastutiningrum, Sri Rochana. 2006. Langendriyan Mangkunegaran: Pembentukan dan Perkembangan Bentuk Penyajiannya. Surakarta: ISI Press. . 2007. Tayub di Blora Jawa Tengah Pertunjukan Ritual Kerakyatan. Surakarta: Kerjasama Pasca Sarjana ISI Surakarta dan ISI Press Surakarta. . 2011.Sejarah Tari Gambyong dari Seni Rakyat Menuju Istana, Surakarta: ISI Press. . 2012.Revitalisasi Tari Gaya Surakarta, Surakarta: ISI Press. Widyastutieningrum, dan Dwi Wahyudiarto. 2014. Pengantar Koreografi. Surakarta: ISI Press. citation: Sulistyaningtyas, Dyah Ayu (2023) GARAP TARI BEDHAYA SRIGATI KARYA IMAM JOKO SULISTYO DI KABUPATEN NGAWI. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7250/1/Dyah%20Ayu%20Sulistyaningtyas%20-POTONG.pdf