TY - UNPB AV - public Y1 - 2023/06/27/ N2 - Skripsi karya seni ini berusaha menyajikan dan menganalisis ?Tugas Akhir Kepenarian Tari Gagah Gaya Surakarta?. Lebih lengkapnya membahas tentang proses kepenarian dan penyajian tari, materi tari, tafsir isi dan garap serta aplikasi kosep. Proses kepenarian dan penyajian tari dilalui dengan berbagai sarana untuk mengembangkan kemampuan kepenarian. Proses kepenarian dilalui dari mengenal tari sampai dengan penyajian tari. Pengalaman yang dilalui baik di lingkungan belajar maupun di luar. Proses menjadi penari telah dilalui sebagai modal mengasah kepenarian menjadi lebih matang. Ditambah juga di lingkungan kampus sering terlibat dalam penyajian ataupun berperan aktif dalam membantu dalam karya seni. Modal inilah yang dijadikan pengalaman untuk mengambil jalur kepenarian. Repertoar tari gagah gaya Surakarta memang memiliki jumlah yang banyak sekali, tetapi dengan pemikiran dan masukan dari beberapa dosen dan pembimbing akhirnya ditemukan sepuluh materi yang cocok untuk disajikan. Adapun materi tersebut adalah Tari Eko Prawira, Tari Bandayuda, Tari Bambangan Cakil, Tari Srikandi Cakil, Tari Anila Prahastha, Tari Wanara Yaksa, Tari Jemparingan, Tari Amoman Cakil, dan Tari Prawira Watang. Penyajian ini juga mengaplikasikan konsep dalam tarinya yaitu mengenai tafsir dan garap. Garap atau susunan tari berkaitan dengan motif gerak, penggarapan pola lantai, harmonisasi gerak dengan musik, busana dan rias. Sedangkan daya ungkap yang berkaitan dengan tafsir isi di dalamnya memuat tentang keluwesan, penjiwaan, tepat dan indah segala sikapnya, menguasai irama iringan, dan punya postur (bentuk, ukuran, dan garis-garis tubuh). PB - Institut Seni Indonesia Surakarta UR - http://repository.isi-ska.ac.id/ M1 - s1 KW - Penyajian KW - Garap KW - Tafsir. EP - 1 ID - eprintsOLD7245 A1 - Aji, Dwi Kuncoro TI - TUGAS AKHIR KEPENARIAN GAGAH GAYA SURAKARTA ER -