%0 Thesis
%9 S1
%A Fitriya, Ainun
%B Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta
%D 2024
%F eprintsOLD:7234
%I INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA
%K Tari Jaranan, bentuk, perkembangan, Barongan.
%T PERKEMBANGAN TARI JARANAN PADA BARONGAN RISANG GUNTUR SETO  DI KABUPATEN BLORA
%U http://repository.isi-ska.ac.id/7234/
%X Penelitian dengan judul “Perkembangan Tari Jaranan pada Barongan Risang Guntur Seto di Kabupaten Blora” ini membahas dua pokok rumusan masalah dalam penelitian, yang pertama bagaimana bentuk Tari Jaranan pada Barongan Risang Guntur Seto lalu yang kedua bagaimana perkembangan Tari Jaranan pada Barongan Risang Guntur Seto. Dua rumusan masalah dikaji menggunakan landasan teori bentuk pendapat Slamed MD dan perkembangan pendapat Edy Sedyawati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan tahap pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi Pustaka.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tari Jaranan Risang Guntur Seto merupakan tarian kelompok yang ditarikan oleh 11 penari perempuan. Elemen-elemen pembentuk tari terdiri dari gerak, penari, musik, tata rias, tata busana, formasi, tempat pertunjukan dan pendukung lainnya berupa properti. Perkembangan kualitas terjadi elemen pada garap gerak yang awalnya menggunakan 10 ragam gerak bertambah 57 ragam gerak, penari dari tiga penari berubah hingga sebelas penari, musik tari awalnya menggunakan beberapa instrumen gamelan Jawa bertambah musik modern, tata rias cantik, tata busana sederhana menjadi lebih banyak ornamen yang digunakan, pola lantai awalnya 5 pola bertambah menjadi 13 pola. Perkembangan kuantitas melakukan pementasan diberbagai Solo, Yogyakarta, Semarang, Jakarta, Madura dan Magelang, bahkan pementasan yang bertaraf International.  Kata kunci : Tari Jaranan, bentuk, perkembangan, Barongan.