eprintid: 7225 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/72/25 datestamp: 2025-04-14 08:00:19 lastmod: 2025-04-14 08:00:19 status_changed: 2025-04-14 08:00:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shodiq, Yuricho Fajarus title: KREATIVITAS PURBO ASMORO DALAM SAJIAN PAKELIRAN WAYANG KULIT DI ERA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS LAKON TAMBA TEKA LARA LUNGA ispublished: unpub subjects: AS divisions: sch_ecs full_text_status: public keywords: Purbo Asmoro, kreativitas, era pandemi abstract: Penelitian dengan judul “Kreativitas Purbo Asmoro dalam Sajian Pakeliran Wayang Kulit di Era Pandemi Covid-19 Studi Kasus Lakon Tamba Teka Lara Lunga” ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang: (1) Bagaimanakah tinjauan umum dan struktur dramatik lakon Tamba Teka Lara Lunga sajian Purbo Asmoro? (2) Bagaimana kreativitas Purbo Asmoro dalam menggarap lakon Tamba Teka Lara Lunga di era pandemi Covid-19? Untuk menjawab permasalahan tersebut, digunakan pendekatan yang berdasarkan konsep kreativitas menurut Rhodes dalam tulisan Utami Munandar yang berjudul “Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat”. Kreativitas Purbo Asmoro dijelaskan menggunakan teori Rhodes yang dikutip oleh Munandar dengan konsep 4p yaitu pribadi (person), pendorong (press), proses process), produk (product). Sumber data penelitian adalah rekaman audiovisual dari lakon Tamba Teka Lara Lunga sajian Purbo Asmoro di tahun 2021. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan data diperoleh dari wawancara, studi pustaka, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kreativitas dapat dilihat dari kemampuan Purbo Asmoro merealisasikan ide gagasan dan mengimplementasikan pengalamannya ke dalam karya lakon Tamba Teka Lara Lunga, lakon tersebut merupakan lakon baru yang terinspirasi dari peristiwa pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 sampai 2022an. Purbo Asmoro dalam penggarapan karya lakon Tamba Teka Lara Lunga tidak terlepas dari unsur 4p, seperti pengalaman, keahlian dalang, faktor eksternal, dan faktor internal. date: 2023-03-31 date_type: completed pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Asmoro, Purbo. 2022. “Model Sanggit Ginem Dalam Lakon Mayangkara Sebagai Lakon Jenis Wejangan”. Lakon, Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Wayang Vol. XIX No.2 (Desember 2022): 77-83. Cahyono, Muhammad Sigit, Muhamad Ali Sukrajap, dan Dewi Handayani Harahap. 2019. “Penerapan Teknologi Produksi Makanan Olahan Untuk Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bandung.” Kacanegara, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 3 No.1 (Januari 2020):21-30. Campbell, David 2017. Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta : PT. Kanisius. Emerson Anne, Kathryn. 2017. Pembaruan Wayang Untuk Penonton Terkini Gaya Pakeliran Semalam Sajian Dramatik Purbo Asmoro. Surakarta : ISI Press. Hendro, Dru. dan Made Marajaya. 2021. “Pertunjukan Wayang Cenk Blonk Virtual Sebagai Media Sosialisasi Covid-19”. Makalah Prosiding Bali Sangga Dwipantara, Seminar Nasional Republik Seni Nusantara. Munandar, S.C Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Mulyono, Sri. 1988. “ Wayang dan Karakter Manusia”. Jakarta: CV Haji Masagung. ____________. 1988.”Wayang: Asal Usul, Filsafat, dan Masa Depannya”. Jakarta: CV Haji Maggung. Nugroho Catur. 2021. “Konsep Garap Pakeliran “Wayang Tunggal” Lakon Sudamala Sajian Ki Purbo Asmoro”. Lakon, Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Wayang Vol. XVIII No. 1 (Juli 2021): 1-14. Nugroho, Sugeng. 2012. Lakon Banjaran Tabir dan Lika-Likunya Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta. Surakarta : Pascasarjana ISI Surakarta bekerja sama dengan ISI Press. Pratiwi, Ngesti. 2016. “Kreativitas Gunarto Dalam Penyusunan Karya Musik (Deskriptif Interpretatif)”. Skripsi Program S-1 ISI Surakarta. Putranto, Harijadi Tri. 2019. “Struktur Pertunjukan Wayang Kulit Jumat Kliwonan Taman Budaya Surakarta”. Lakon, Jurnal Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Wayang Vol. VI No.1 (Juli 2019): 1-14. Rahno Triyogo. 2017.”Sanggit Banjaran Sengkuni Karya Ki Purbo Asmoro ” No. 7111 (5 Mei):1-76 Robby Hidajat, Sri Wulandari, Yuyun Nur Astut, Muhammad Afaf Hasyimy. (2020). Pekerja Seni Yang Terdampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor Industri Kreatif Di Indonesia. 19, 121-128. Rochman Natawidjaya dan Moein Moesa. 1992 Psikologi Pendidikan. Jakarta ; Depdikbud. Saputro, Ampri Bayu. 2011. “Kreativitas Puguh Prasetyo Dalam Karawitan Jawa Timuran Lakon Semar Mbangun Kahyangan”. Laporan Skripsi Karya Ilmiah Jurusan Pedalangan Institut Seni Indonesia Surakarta. Sarwanto. 2008. Pertunjukan Wayang Kulit Purwa Dalam Ritual Bersih Desa Kajian Fungsi dan Makna. Surakarta: Pascasarjana ISI Surakarta bekerja sama dengan ISI Press Surakarta. Satoto, Soediro. 1985. Wayang Kulit Purwa Makna dan Struktur Dramatiknya. Yogyakarta: Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi) Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sumanto. 2011. Pengetahuan Lakon II, Buku Ajar Jurusan Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan. Surakarta: ISI Surakarta. Sunardi. 2013. Nuksma dan Mungguh Konsep Dasar Estetika Pertunjukan Wayang. Surakarta. ISI Press Surakarta. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press. Telaumbanua, Dalinama. 2020. “Urgensi Pembentukan Aturan Terkait pencegahan Covid-19 Di Indonesia.” Qalamuna :Jurnal Pendidikan, soaial, Dan Agama 12(01):59-70. citation: Shodiq, Yuricho Fajarus (2023) KREATIVITAS PURBO ASMORO DALAM SAJIAN PAKELIRAN WAYANG KULIT DI ERA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS LAKON TAMBA TEKA LARA LUNGA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7225/1/skripsi%20%20-POTONG.pdf