TY - UNPB N2 - Michelle. 2021. ALAT TRANSPORTASI SEBAGAI BRAND KEMASAN WINGKO BABAT KOTA SEMARANG DALAM PRESPEKTIF SEMIOTIKA. TESIS. Ikon alat transportasi tetap bertahan di tengah kemudahan dan kemajuan teknologi digital desain. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan semiotika pada visual, dimana bertujuan untuk mengungkap bentuk dan gaya desain kemasan wingko babat kota Semarang dan mencari makna dibalik kemasan tersebut. Populasi penelitian ini mencakup lima sampel Perusahaan wingko babat di kota Semarang. Adapun sampel brand masing-masing adalah empat kemasan untuk brand Wingko Babat cap Kereta Api, lima kemasan untuk brand Wingko Babat cap Stoom Mini, lima kemasan untuk brand Wingko Babat cap Pesawat Jet, empat kemasan untuk brand Wingko Babat cap Bus Bisnis, dan tiga kemasan untuk brand Wingko Babat cap Kapal Laut. Hasil menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan gambar alat transportasi sebagai ikon brand Wingko babat kota Semarang adalah sebagai tanda bahwa produk yang dijual merupakan produk buah tangan dari masyarakat yang mengunjungi kota Semarang. Kedua, penggunaan tanda mulai dari penggambaran ikon, jenis huruf, warna, komposisi sebuah tanda di dalam kemasan Wingko Babat kota Semarang digambarkan sangat sederhana untuk memudahkan konsumen mengetahui produk tersebut. Sehingga gaya desain kemasan wingko babat kota Semarang sudah tertanam di kalangan masyarakat luas.Mitos bahwa kota Semarang sebagai cikal bakal terciptanya wingko babat dan penggunaan warna kemasan membuat masyarakat bernostalgia mengenai pengalaman masa lalu ketika membeli wingko babat. KW - wingko babat KW - brand KW - ikon KW - kemasan KW - teori semiotika KW - mitos. A1 - Michelle, Michelle ID - eprintsOLD7204 TI - ALAT TRANSPORTASI SEBAGAI BRAND KEMASAN WINGKO BABAT KOTA SEMARANG DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA PB - ISI Surakarta AV - public UR - http://repository.isi-ska.ac.id/7204/ EP - 157 M1 - s2 Y1 - 2021/// ER -