eprintid: 7189 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/71/89 datestamp: 2025-03-27 03:25:31 lastmod: 2025-03-27 03:25:31 status_changed: 2025-03-27 03:25:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: VALENTINO, FEBRIYAN title: EKSPRESI WARNA PELANGI SEBAGAI KARYA BUSANA EVENING GOWN “PELANGI SAPTARONA” ispublished: unpub subjects: AH divisions: sch_edu full_text_status: public keywords: pelangi, psikologi warna, batik, evening gown, suminagashi abstract: Karya Tugas Akhir batik tulis dengan kombinasi suminagashi pada busana evening gown. Warna pelangi pada umumnya dikenal dengan singkatan Mejikuhibiniu, yang berarti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Dari sisi psikologi, warna mempunyai pengaruh kuat terhadap suasana hati dan emosi manusia, membuat suasana panas atau dingin, provokatif atau simpati, menggairahkan atau menenangkan. Warna merupakan sebuah sensasi, dihasilkan otak dari cahaya yang masuk melalui mata. Tujuan dari Tugas Akhir ini yaitu, menciptakan motif batik dengan sumber ide ekspresi warna pelangi, dan menciptakan desain mode pada busana evening gown. Teknik perwujudan yang yang diterapkan pada keseluruhan karya dengan menggunakan menggunakan teknik batik tulis dengan menggunakan bahan pewarna remasol serta pigmen sebagai pengaplikasian batik tulis dan suminagashi. Penulisan ini berlandaskan metode penciptaan yang terdiri dari tahap eksplorasi, tahap inkubasi, tahap konseptualisasi, dan tahap materialisasi. Hasil penciptaan karya berjumlah 7 busana evening gown yang diberi judul sesuia filosofi makna yang tersirat pada setiap karya yakni karya 1 dengan judul DIRANDRA, karya 2 dengan judul SWA ABHINAYA, karya 3 dengan judul ARUNIKA, karya 4 dengan judul ASHA, karya 5 dengan judul SHANTI , karya 6 dengan judul SMARA, dan karya terakhir dengan judul VIOLA. Dengan terciptanya karya busana Tugas Akhir ini penulis berharap dengan adanya penulisan dan hasil karya busana ini bisa bermanfaat bagi pembaca ataupun masyarakat sebagai referensi dan dapat memberikan inovasi, edukasi, serta alternatif desain busana yang unik akan tetapi tetap menggunakan unsur batik sebagain wastra nusantara. date: 2024-06-20 date_type: completed pages: 116 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Ari wulandari (2011) Batik Nusantara. Soerjono, I. (2019) Suminagashi teknik melukis motif marmer di kain. Sri Soedewi Samsi (2011) Teknik dan ragam hias yogyandan solo. Haller (2019) The Little Book Of Colour. Hurlock, E. B. (1980) ‘Psikologi perkembangan’, Jakarta: erlangga. Jurnal M, Andari & Yulistina (2020), Jurnal of fashion and Textile Design Unessa 1. Amanda, D. and Zaman, B. A. (no date) ‘Eksplorasi Teknik Suminagashi Pada Produk Fashion’. Bandung Institute of Technology. Pramudyarini, R. A., Fadlia, A., Yuniarti, N., & Fahmi, M. . (2024). Prinsip rekayasa desain pada teknik manipulasi pola busana. JSRW (Jurnal Senirupa Warna). Ni Putu Sisnutari d., I Gede Sudirtha, S.Pd, M.Pd., Made Diah Angendari, S.Pd. . (2016), Jurnal BOSAPARIS. I.M. Dewi & U. Whyuningsih, Journal of Fashion and Textile Design Unessa 1 (2020). Jurnal M. Purnomo, A. Cahyana, (2019). Bantuan Pewarnaan Purba Sebagai Alternatif Bahan Pewarna Alami Batik Ramah Lingkungan Sebagai Penciri Penguatan Karakter Daerah Sragen. Aan Sudarwanto yang berjudul Penerapan Model Bentuk Tanformasi Menggunakan Teknik Karakter Terkuat Untuk Menghasilkan Motif Batik. Jurnal Murtono, Handriyotopo, dan Aries Budi Marwanto yang berjudul Revitalisasi Desain Kemasan Batik di Kecamatan Bayat, Klaten Dengan citation: VALENTINO, FEBRIYAN (2024) EKSPRESI WARNA PELANGI SEBAGAI KARYA BUSANA EVENING GOWN “PELANGI SAPTARONA”. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7189/1/Febriyan%20Valentino-201541016%20-%20%20UP.pdf