eprintid: 7173 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 26 dir: disk0/00/00/71/73 datestamp: 2025-03-12 04:51:11 lastmod: 2025-03-12 04:51:11 status_changed: 2025-03-12 04:51:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Permata, Dela Cahyaning title: EKSTRAKURIKULER TEATER KOMPAS DI MAN I NGANJUK: SEBUAH RUANG EKSPRESI DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN AGAMA ispublished: unpub subjects: AZ divisions: sch_eng full_text_status: public keywords: extracurricular, learning system, Islam. abstract: Skripsi karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran ekstrakurikuler Teater Kompas di MAN 1 Nganjuk dan bagaimana kreativitas Teater Kompas sehingga mampu berfungsi sebagai media ekspresi dalam lingkungan pendidikan Agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan teori sistem pembelajaran yang dikemukakan oleh Fatoni dan Riyana sebagai acuan untuk meneliti sistem pembelajaran pada Teater Kompas. Selain itu peneliti juga mengacu pada teori kreativitas seni yang dikemukakan oleh Jakob Sumardjo untuk menganalisis bagaimana Teater Kompas mengolah kreativitas dalam lingkungan pendidikan agama yang ketat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran pada Teater Kompas dapat ditinjau dari empat komponen sistem pembelajaran yakni; tujuan pembelajaran yang berupa tujuan institusional dan tujuan instruksional; strategi pembelajaran yang terdiri dari perekrutan anggota, diklat, latihan rutin dan studi banding; hasil pembelajaran berupa pementasan dan evaluasi pembelajaran. Kreativitas Teater Kompas yang ditinjau dua aspek yakni nilai instrinsik seni dan nilai ekstrinsik seni. Kata Kunci: ekstrakurikuler, sistem pembelajaran, Islam. date: 2025-03-12 date_type: published pages: 18 institution: ISI Surakarta department: FSP thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: DAFTAR PUSTAKA Andewi. (2004). Dasar–Dasar Pendidikan Islam: Kerangka Teoritis dalam Bunga Rampai, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam Klasik. Bangung: Angkasa. Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Enda, Tita Nur dkk (2022). “Kajian Proses Islamisasi di Nusantara (Studi Analisis Masjid Al- Mubarok di Desa Kacangan, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk)” dalam Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Jambi (Jejak) Vol.2, no:1. Faridah. Alawiyah. (2014). “Pendidikan Madrasah Indonesia” dalam Jurnal Aspirasi, vol. 5, no: 1. Fatonah, Siti, Chairilsyah Daviq & Rr. Sri Kartikowati. (2021). “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Teater dalam Membentuk Karakter Siswa dan Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler Teater di SMKN 1 Pekanbaru” dalam Instructional Development Journal (IDJ), vol. 4. no:3. Fatoni T, Riyana. 2009. Komponen-Komponen Pembelajaran. Bandung: UPI. Febrianti, Evi. (2022). Peran Ekstrakurikuler Teater Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMA Negeri 6 Soppaeng. Skripsi SI Pendidikan Sendratasik. Makasar: Universitas Negeri Makasar. Harmellawati. (2013). Pembinaan Nilai Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Teater Di SMK Nusantara Tangerang. Skripsi SI Manajemen Pendidikan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 64 Isnaeni, Dwi Scativana, Nur Iswantara & Sarjiwo. (2022). “Metode pembelajaran teater dalam kegiatan ekstrakurikuler: Tinjauan Praktik Sekolah Menengah Kejuruan” dalam Jurnal Indonesian Journal of Performing Art Education, vol. 2, no:1. Jamil, Shobrun. (2022). “Musik dalam Pandangan Islam (Studi Pemikiran Ismail Raji Al–Fariqi)” dalam jurnal Sikolastika, vol. 4, no:1. Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama. Moleong, Lexi J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. .2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyda, Rizka Amalyah. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Teater Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsep Diri (Self Concept) Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Makassar. Skripsi S1 Pendidikan Sendratasik. Makasar: Universitas Negeri Makasar. Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media. Shihab, Quraish. (1996). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Berbagai Persoalan Umat, Cetakan ke-3. Bandung: Mizan. Simamora, Henry. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-2. STIE Yogyakarta: YKPN. 65 Suhartini, Andewi. (2004). Dasar–Dasar Pendidikan Islam: Kerangka Teoritis Dalam Bunga Rampai Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Klasik. Bandung: Angkasa. Sumardjo, Jakob. (2000). Filsafat Seni. Bandung: ITB Suyono, & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. WEBTOGRAFI Profil Madrasah (2023). https://man1nganjuk.sch.id (diakses pada 5 April 2023) Tim Detikcom (2022). Khalid Basalamah Minta Maaf Soal Ceramah ‘Wayang Haram’. (diakses pada 18 Mei 2023). DetikNews.com. Zahra, Nurul Fatima (2023). Tolak Keras Konser Coldplay, Novel Bamukmin sindir Blackpink dinilai merusak. (diakses pada 18 Mei 2023). Kilat.com. www. Organisasi. Org (diakses pada 5 April 2023) citation: Permata, Dela Cahyaning (2025) EKSTRAKURIKULER TEATER KOMPAS DI MAN I NGANJUK: SEBUAH RUANG EKSPRESI DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN AGAMA. S1 thesis, ISI Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7173/1/DELA%20SKRIPSI.ok.pdf