TY - UNPB KW - extracurricular KW - learning system KW - Islam. Y1 - 2025/03/12/ EP - 18 M1 - s1 UR - http://repository.isi-ska.ac.id/ AV - public A1 - Permata, Dela Cahyaning N2 - Skripsi karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran ekstrakurikuler Teater Kompas di MAN 1 Nganjuk dan bagaimana kreativitas Teater Kompas sehingga mampu berfungsi sebagai media ekspresi dalam lingkungan pendidikan Agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan teori sistem pembelajaran yang dikemukakan oleh Fatoni dan Riyana sebagai acuan untuk meneliti sistem pembelajaran pada Teater Kompas. Selain itu peneliti juga mengacu pada teori kreativitas seni yang dikemukakan oleh Jakob Sumardjo untuk menganalisis bagaimana Teater Kompas mengolah kreativitas dalam lingkungan pendidikan agama yang ketat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran pada Teater Kompas dapat ditinjau dari empat komponen sistem pembelajaran yakni; tujuan pembelajaran yang berupa tujuan institusional dan tujuan instruksional; strategi pembelajaran yang terdiri dari perekrutan anggota, diklat, latihan rutin dan studi banding; hasil pembelajaran berupa pementasan dan evaluasi pembelajaran. Kreativitas Teater Kompas yang ditinjau dua aspek yakni nilai instrinsik seni dan nilai ekstrinsik seni. Kata Kunci: ekstrakurikuler, sistem pembelajaran, Islam. TI - EKSTRAKURIKULER TEATER KOMPAS DI MAN I NGANJUK: SEBUAH RUANG EKSPRESI DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN AGAMA PB - ISI Surakarta ID - eprintsOLD7173 ER -