eprintid: 7151
rev_number: 7
eprint_status: archive
userid: 25
dir: disk0/00/00/71/51
datestamp: 2025-02-27 02:29:43
lastmod: 2025-02-27 02:29:43
status_changed: 2025-02-27 02:29:43
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Hidayat, Sigit Nur
title: KREASI MUSIKAL WAKIDI DALAM MEMAINKAN WILEDAN KENDANG CIBLON GAYA SURAKARTA
ispublished: unpub
subjects: AM
divisions: sch_civ
full_text_status: public
keywords: kreasi musikal, kendang ciblon, wiledan
abstract: ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kreasi musikal Wakidi dalam memainkan wiledan kendang ciblon gaya Surakarta dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas Wakidi dalam memainkan wiledan kendang ciblon gaya Surakarta. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilandasi oleh teori yang dikemukakan Rahayu Supanggah mengenai persoalan kreativitas atau gaya dari pernyataan Rahayu Supanggah (2002) yang berjudul “Bothekan Karawitan II” bahwa gaya atau kreativitas memiliki beberapa hal penting didalamnya, diantaranya kekhasan atau kekhususan, estetik (musikal), dan sistem bekerja (garap). Kemudian gaya dimiliki atau berlaku pada (tercipta atas inisiatif dan kreativitas) perorangan, kelompok seni dan kawasan budaya. Hasil dalam penelitian ini, perjalanan Wakidi memainkan kendang dengan kreativitasnya memiliki faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung menjadikan semangat untuk terus berkarya guna mendapatkan hasil yang maksimal, sedangkan faktor penghambat dijadikan motivasi serta keprihatinan Wakidi dalam menjalani sebuah proses perjalanan pembentukan garap kendangan yang menjadi ciri khas kendangan gaya Wakidi. Ciri khas Wakidi terletak pada teknik permainan kendang ciblon gaya Wakidi yang membutuhkan kebukan tangan dengan wijang terhadap organologi instrumen kendang, pola permainannya sungguh kaya akan cengkok wiledan yang digarap sedemikian rupa sehingga berbeda dengan bentuk permainan kendang ciblon versi orang lain. Proses kreativitas tersebut menunjukkan bahwa karakteristik atau ciri khas seorang pengendang dapat dilihat dari tata penyusunan pola tabuhan kendang ciblon serta penggunaan cengkok dan wiledan yang digunakan.
Kata kunci: kreasi musikal, kendang ciblon, wiledan.
date: 2025-02-27
date_type: published
institution: INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA
department: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta
thesis_type: s1
thesis_name: ssn
official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/
referencetext: DAFTAR PUSTAKA
Aji, A. S. (2021). Skema Mandhêg Dalam Struktur Gendhing Gaya Surakarta. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 20(1), 76–94. https://doi.org/10.33153/keteg.v20i1.3541
Atmojo, bambang sri. (2010). Kedangan Pamijen gendding gaya yogyakarta. Jurnal Resital, 11(1), 45–58.
Bagus, W., & Krismiatin, S. (2020). Garap Kendang Gaya Surakarta Dan Yogyakarta Dalam Rangkaian Mrabot. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 20(November 2020), 131–146.
Hidayat, Sigit. (2019). Kesenian Gejog Lesung Sebagai Kesenian Transisi Dalam Upacara Sadranan Di Klurahan Sukoharjo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo.
Isma’il, H. (2022). “Kajian Garap Kendang Pada Gending Kagok Respati Harun”. 5(2), 156–160.
Kartiman, Sufiana, Purnomo, muhammad arif jati, Purnomo, A., Budiwiyanto, J., & Suranto, J. (2015). Membangun Konsep Seni Nusantara.
Krisnawati, diah ayu. (2020). Keberlangsungan Seni Karawitan.
Nugroho, asep rian. (2021). Pujangga Laras Pelestari Klenengan Gending - Gending Pujangga Laras Pelestari Klenengan Gending - Gending.
Nuuriyah, S. (2023). Apropriasi musik kelompok rebana kasuka nada.
Oktriyadi, R. (2020). Proses Kreatif Mamat Rahmat Dalam Kendang Tari Tradisi Sunda. Jurnal Seni Makalangan, 212, 72–81. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/makalangan/article/view/1290
Pancucatra, G. (2022). Eksperimentasi Konsep Wiledan Kendang Jawa Dalam Karya Musik Ngganjel.
Permana, B. D. (2021). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Reimajenasi Timbre: Nostalgia Bunyi Melalui Komposisi Musik, 3, 1–16.
Pradika, S. (2020). Kreativitas Kelompok Musik Sir-Iyai Di Bandung.
Prasetya, Y. (2023). Peran Dan Pola Tabuhan Ricikan Peking Dalam Sajian Karawitan Gaya Surakarta.
65
Prasetyo, D. (2016). Ragam Garap Kendhang Kalih Ladrang Dalam Karawitan Gaya Surakarta.
Pratiwi, N. (2016). Kreativitas Gunarto Dalam Penyusunan Karya Musik.
Raharjo, S. J. (2013). Keunikan Garap Kendangan Mudjiono. Keteg, 13(1), 154–175.
Rahmayanti, F. (2021). Tinjauan Garap Ladrang Srundeng Gosong Laras Pelog Pathet Nem Dalam Sajian Klenengan Gaya Surakarta.
Risnandar. (2016). Proses Kreatif Dan Peran Wakidjo Dalam Kendhangan Gaya Surakarta. Kêtêg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 14(1), 41–58. http://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/keteg/article/view/669
Saputra, bagas arya. (2022). Ekspresi Musikal Kendangan Gending Gambirsawit
Setiawan, S. (2015). Konsep Kendangan Pematut Karawitan Jawa Gaya Surakarta.
Setiawan, S. (2021). Krawitan : Analisis Pathet Dan Jalan Sajian Garap Gending Pakeliran. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 21(1), 23–50. https://doi.org/10.33153/keteg.v21i1.3740
Setiawan, S., & Setyoko, A. (2022). Organologi dan Bunyi Kendang Jawa. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik, 2(2), 75–90. https://doi.org/10.30872/mebang.v2i2.31
Setyawan, A. D., Arief, A., & Al Masjid, A. (2017). Analisis Instrumen Kendang Dalam Karawitan Jawa Di Tinjau Dari Nilai Luhur Tamansiswa. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 69. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9592
Setyawan, S. (2019). Kendangan Pinatut Dalam Sajian Klenengan. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 16(1), 77–86. https://doi.org/10.33153/glr.v16i1.2341
Sulistyowati, I. (2016). Keterkenalan gunawan sebagai seniman di kabupaten tegal.
Suraji. (2017). Melacak Gelar Karawitan Pujangga Laras Tahun 2001-2009 (Upaya Pendokumentasian Ragam Gending). Kêtêg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 17(2), 93–108.
Widya Fortuna. (2016). Eksistensi Paguyuban Karawitan Mangkunegaran Dan Relevansinya Terhadap Materi Seni Karawitan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 (SMKI).
citation:   Hidayat, Sigit Nur  (2025) KREASI MUSIKAL WAKIDI DALAM MEMAINKAN WILEDAN KENDANG CIBLON GAYA SURAKARTA.  S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.   
document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7151/1/Skripsi%20Sigit%20NH%20UP.pdf