eprintid: 7145 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 25 dir: disk0/00/00/71/45 datestamp: 2025-02-25 07:27:05 lastmod: 2025-02-25 07:27:05 status_changed: 2025-02-25 07:27:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cintara, Pramadhani title: MEMBANGUN KREATIVITAS DAN APRESIASI PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 10 KOTA DEPOK, JAWA BARAT TERHADAP MUSIK SUNDA MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF ispublished: pub subjects: AM full_text_status: public keywords: Pembelajaran Partisipatif, Musik Sunda, Kreativitas, Apresiasi abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai proses dan pengaruh pembelajaran partisipatif dalam membangun kreativitas dan apresiasi peserta didik kelas XII di SMA Negeri 10 Kota Depok terhadap musik Sunda. Latar belakang dari penelitian ini adalah fenomena menurunnya minat generasi muda di Kota Depok, Jawa Barat terhadap budaya musik lokal. SMA Negeri 10 Kota Depok melakukan salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut melalui mata pelajaran Seni Budaya di sekolah yang berfokus pada seni musik Sunda yakni angklung, gamelan degung, dan suling degung. Teori yang menjadi landasan pada penelitian ini adalah teori mengenai pembelajaran, pembelajaran partisipatif, serta kreativitas dan apresiasi. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi dokumentasi, kemudian dilakukan analisis data yang terdiri dari proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran partisipatif pada mata pelajaran Seni Budaya sub materi seni musik Sunda pada kelas XII di SMA Negeri 10 Kota Depok dalam membangun kreativitas dan apresiasi peserta didik terhadap musik Sunda pada tahun ajaran 2019/2020 dan 2022/2023 membuahkan hasil yang baik. Namun, pada tahun ajaran 2023/2024 terjadi penurunan kreativitas dan apresiasi peserta didik kelas XII karena pertunjukan dilakukan secara tertutup yang mengakibatkan menurunnya motivasi dan semangat peserta didik dalam menciptakan karya. Peran pengajar dalam pembelajaran partisipatif tidak mendominasi akan tetapi kurang dalam memotivasi peserta didik. Penelitian ini dapat menjadi sebuah pertimbangan bagi pihak sekolah untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran partisipatif dengan lebih matang serta menyediakan wadah bagi peserta didik untuk berkarya, sebagaimana merupakan tujuan awal dari diterapkannya pembelajaran partisipatif dalam membangun kreativitas dan apresiasi peserta didik terhadap musik Sunda. Kata kunci: Pembelajaran Partisipatif, Musik Sunda, Kreativitas, Apresiasi date: 2025-02-25 date_type: published institution: INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA department: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: KEPUSTAKAAN Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press. Agustin, Serlina. 2021. “Peran Kreativitas Seni dalam Proses Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (Mei 2021): 1507–1511. Alisalman, Muhamad. 2022. “Pembelajaran Partisipatif Sebagai Metode dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol. 6 No. 1 (Maret 2022): 66–77. Djamaluddin dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran, 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, ed. Awal Syaddad. Parepare: CV Kaaffah Learning Center. Elian dan Ilyas. 2020. “Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif pada Kursus Mahacoustic Music Management di Kota Semarang.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol. 6 No. 2 (Mei 2020): 111-120. Firnando dan Hadi. 2021. “Pembelajaran Musik Tradisional di SMA Negeri 1 Painan.” Jurnal Sendratasik Vol. 10 No. 2 (Mei 2021): 49–57. Hamzah, Dkk. 2015. “Model Pembelajaran Partisipatif Fakir Miskin dalam Pengembangan Usaha Menuju Kemandirian.” Jurnal Teknodik Vol. 19 No. 1 (April 2015): 78–86. Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud. Koentjaraningrat. 1993. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Koshihan, dkk. 2022. “Rasionalitas Praktik Pelestarian Budaya Sunda pada Destinasi Wisata Kota Bandung.” Sosietas : Jurnal Pendidikan Sosiologi Vol. 12 No. 2 (Desember 2022): 123-136. Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013: Perubahan dan pengembangan kurikulum 2013 merupakan persoalan penting dan genting, ed. Anang Solihin Wardan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rahayuningtyas, CSH. 2007. “Pembelajaran Seni Budaya Sub Materi Seni Musik di SMA Kristen YSKI Semarang.” Skripsi S-1 Jurusan 92 Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Ridwan, Khaeruddin, dan Saenal. 2022. “Mengembangkan Hasil Pembelajaran Musik Tradisional pada Kelas XI IPA II di SMAN 10 Bone dengan Penerapan Metode Problem Based Learning.” Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Sudjana. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production. _______. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif (Terbitan Kedua). Bandung: Falah Production. Sugiharto, Bambang. 2013. Untuk Apa Seni?. Bandung: Matahari. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: ITB. Sumiati, dan Asra. 2019. Metode Pembelajaran. Bandung: PT Sandiarta Sukses. Sutikno, M. Sobry. 2019. Metode & Model-Model Pembelajaran, ed. Prosmala Hadisaputra. Lombok: Holistica Lombok. Triyanto. 2017. Spirit Ideologis Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara. Yulianto, Robin Esa. 2020. “Pendidikan Seni untuk Membentuk Manusia Ideal pada Sekolah Umum.” Imajinasi: Jurnal Seni Vol. 14 No. 1 (Januari-Juni 2020): 17–24. citation: Cintara, Pramadhani (2025) MEMBANGUN KREATIVITAS DAN APRESIASI PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 10 KOTA DEPOK, JAWA BARAT TERHADAP MUSIK SUNDA MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7145/1/Skripsi%20-%20Cintara%20UP.pdf