eprintid: 7138 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 28 dir: disk0/00/00/71/38 datestamp: 2025-02-24 07:18:47 lastmod: 2025-02-24 07:18:47 status_changed: 2025-02-24 07:18:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wiraguna, I Putu title: PENERIMAAN SISWA SMA NEGERI 4 SURAKARTA TERHADAP PROGRAM ADU CERDAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_man full_text_status: public keywords: Adu Cerdas, Reception Analysis, FGD, Motivasi Belajar. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya program acara televisi pendidikan yang melibatkan siswa sekolah dalam perlombaan berupa cerdas cermat. Fokus pembahasan ini adalah untuk mengetahui penerimaan siswa SMA Negeri 4 Surakarta terhadap program Adu Cerdas di Garuda TV dalam meningkatkan motivasi belajar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah audiens, dan reception analysis yang dikemukakan oleh Start Hall. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui focused group discussion (FGD), wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Data utama dihasilkan dari ucapan informan, sedangkan data sekunder dari video tayangan program dan jurnal dan artikel terkait. Pada pelaksanaan FGD, peserta diskusi menyampaikan pendapat melalui perspektif sebagai peserta kegiatan dan sebagai khalayak yang menonton tayangan Adu Cerdas. Hasil dari FGD diolah dengan menggunakan teori encoding/decoding untuk mendapatkan pendapat dari siswa yang kemudian dikelompokkan dalam tiga kategori penerimaan. Pendapat siswa dikelompokkan sesuai dengan kategori Stuart Hall yaitu, dominant-hegemonic position, negotiated position dan oppositional position. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 4 Surakarta mampu menerima program acara Adu Cerdas dalam meningkatkan motivasi belajar. Hal ini berdasarkan analisis penerimaan siswa yang mayoritas berada pada dominant-hegemonic position terhadap beberapa topik yaitu, pengemasan program, soal, host, dan keseluruhan program acara Adu Cerdas date: 2024-06-11 date_type: completed pages: 134 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Adi Badjuri. Jurnalistik Televisi. Ed. 1., cet. 1. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010. Barker, Chris. Cultural Studies: Teori & Praktik. Translated by Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2004. Darwanto. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007. Fachruddin, Andi. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2020. Holmes, Su. The Quiz Show. Edinburgh: Edinburgh University Press, 2022. Irwanto. Focused group discussion (FGD) sebuah pengantar praktis. Edisi pertama. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006. Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya, 2016. Lembaga Pertahanan Nasional (Indonesia), ed. Disiplin Nasional Mendukung Pembangunan Nasional. Microform. Cet. 1. Jakarta: Lembaga Pertahanan Nasional, 1989. Morissan, M. A. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Ed. rev. Jakarta: Kencana, 2011. Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Cet. 6. Bandung: Alfabeta, 2022. citation: Wiraguna, I Putu (2024) PENERIMAAN SISWA SMA NEGERI 4 SURAKARTA TERHADAP PROGRAM ADU CERDAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7138/1/I%20Putu%20Wiraguna%20-%20BOOKMARK%20-Upload.pdf