EKSISTENSI KERAJINAN BATIK KAYU DI DUSUN KREBET, DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA (Kajian Historis dan Estetika)

Downloads

Downloads per month over past year

Kurniawati, Dyah Yuni (2014) EKSISTENSI KERAJINAN BATIK KAYU DI DUSUN KREBET, DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA (Kajian Historis dan Estetika). S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img] Text
Tesis Dyah Yuni Kurniawati.pdf

Download (1MB)
Official url: http:\\repository.isi-ska.ac.id

Abstract

INTISARI Tesis yang berjudul “EKSISTENSI KERAJINAN BATIK KAYU DI DUSUN KREBET, DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA (Kajian Historis dan Estetika)”. Permasalahan penelitian ini difokuskan pada eksistensi atau keberadaan kerajinan batik kayu Dusun Krebet yang muncul dengan proses yang mengesankan. Permasalahan kedua difokuskan pada estetika kerajinan batik kayu di Dusun Krebet ditinjau dari bentuk, fungsi, serta unsur-unsur yang membagun kerajinan tersebut serta proses pembuatan batik kayu. Kerajinan batik kayu menghantarkan masyarakat Dusun Krebet menjadi masyarakat dengan perekonomian yang lebih baik. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data dilakukan dengan pendekatan sejarah dan estetika untuk mendapatkan gambaran kerajinan batik kayu secara utuh. Analisis interaktif digunakan untuk pemantapan serta pendalaman data melalui riset emik dan riset etik sebagai penunjang sesuai dengan tujuan penelitian. Analisis interpretasi mengacu pada bentuk kerajinan batik kayu selanjutnya dikaji melalui pendekatan estetika dengan tiga unsur mendasar, yaitu; wujud, isi dan penyajian. Aspek bobot (isi) merupakan proses pemahaman tentang makna melalui persepsi dalam dan hasil pengamatan luar. Penampilan atau penyajian berkaitan segi fungsionalnya dan kreativitas. Kerajinan batik kayu dapat dikatagorikan sebagai kerajinan yang memiliki nilai estetis. Kerajinan batik kayu dapat dikreasikan sesuai dengan selera kita, karena pada dasarnya semua kerajinan batik kayu Dusun Krebet mempunyai nilai estetis melalui motif-motif batik yang menghiasinya. Perajin dalam menciptakan kerajinannya memperhatikan dua nilai fungsi yaitu fungsi estetik dan fungsi praktis. Keterampilan perajin dalam membuat karya seni batik kayu terus berkembang sesuai dengan pesanan maupun inovasi dari perajin. Kerajinan batik kayu merupakan produk kerajinan yang mengembangkan seni batik bernilai tradisi. Keberadaan kerajinan batik kayu di Dusun Krebet merupakan proses kreativitas menjadi kebanggaan masyarakat Krebet karena di kenal baik dalam negeri maupun luar negeri. . Kata kunci : bentuk, batik kayu, Krebet, kajian estetika

Type: Thesis (S2)
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Pascasarjana
Datestamp: 06 Feb 2017 03:00
Last mod: 06 Feb 2017 03:00
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View item View item