Lokanantasari, Ryndhu Puspita (2016) HUBUNGAN EKSPRESI PENUANGAN TARI BEDHAYA DENGAN KOREOGRAFI BEDHAYA SARPA RODRA SUSUNAN SARYUNI PADMININGSIH. S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.
|
Text
Tesis Ryndhu Puspita Lokanantasari.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dengan judul “Hubungan Ekspresi Penuangan Tari Bedhaya Dengan Koreografi Bedhaya Sarpa Rodra Susunan Saryuni Padminingsih” merupakan kajian tari yang memfokuskan pada analisis bentuk koreografi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan ekspresi penuangan tari Bedhaya Sarpa Rodra sebagai karya tari model bedhaya. Asumsi dasarnya, bahwa tari Bedhaya Sarpa Rodra disusun berdasarkan pijakan bentuk tari bedhaya tradisi yang dikemas melalui proses pengembangannya.Permasalahan yang dikaji dalam tesis ini adalah (1) bagaimana bentuk tari bedhaya; (2) bagaimana pembentukan koreografi Bedhaya Sarpa Rodra; (3) bagaimana hubungan ekspresi penuangan tari bedhaya dengan koreografi Bedhaya Sarpa Rodra. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan beberapa pisau analisis seperti konsep bentuk menurut Suzanne K. Langer dan pendapat Sunarno Purwolelono mengenai bentuk tari bedhaya studi kasus Bedhaya Ela-ela serta aspek-aspek koreografi kelompok Y. Sumandiyo Hadi, yang dibantu dengan konsep Hastasawanda dan teori Effortshape. Sebagai karya eksperimen, pembentukan koreografi tari Bedhaya Sarpa Rodra dianalis melalui proses berdasarkan bentuk gerak, teknik gerak, dan isi. Ketiga unsur tersebut yang membentuk sajian koreografi tari Bedhaya Sarpa Rodra secara utuh. Selain itu, diperlukan aspek pendukung koreografi lainnya seperti rias busana, musik tari, pola lantai, ruang pentas, tata cahaya, dan perlengkapannya. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan hubungan ekspresi penuangan tari bedhaya dengan koreografi Bedhaya Sarpa Rodra melalui penerapan aspek-aspek koreografinya. Tari Bedhaya Sarpa Rodra merupakan garap tari model bedhaya yang masih berpijak pada bentuk tari bedhaya tradisi gaya Surakarta. Telihat pada jumlah tujuh penari dengan menggunakan rias paes dan busana dodot serta dominasi vokal dan pola kemanakan dalam penggarapan gendhingnya. Selain itu, motif gerak merupakan pengembangan dari motif gerak tari tradisi putri gaya Surakarta yang disertakan dengan pengembangan pola lantainya. Kata Kunci : tari bedhaya, koreografi, Bedhaya Sarpa Rodra
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Divisions: | Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2) |
User deposit: | Pascasarjana |
Datestamp: | 10 Jan 2017 03:26 |
Last mod: | 23 Jan 2017 03:05 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
View item |