ANALISIS ERGONOMI DAN ANTROPOMETRI DESAIN MEBEL RUANG BELAJAR KELAS BILINGUAL DI KB-TK ISLAMAL -AZHAR

Downloads

Downloads per month over past year

Mumpuni, Primastiti Wening and Hapsari, Putri Sekar and Pertiwi, Ayu Ratna and Badriyah, Siti and Dyanindita, Cantyan Tyyana and Sari, Gumilang Kartika and Kusnubawati, Vimastika and Shafwati, Zahra and Soselisa, Azahra Aurelia and Umami, Hilmy Firza and Yunanda, Dinda Alvina (2024) ANALISIS ERGONOMI DAN ANTROPOMETRI DESAIN MEBEL RUANG BELAJAR KELAS BILINGUAL DI KB-TK ISLAMAL -AZHAR. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta.

[img]
Preview
Text
lap__PRIMASTITI W MUMPUNI dkk - UP.pdf

Download (3MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Penelitian ini menelaah kesesuaian desain mebel ruang belajar kelas bilingual di KBTK Islam Al Azhar 28 Solo Baru dengan prinsip ergonomi dan antropometri. Berlandaskan pada pendekatan deskriptif dan metode mixed-method, penelitian ini menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif dari observasi lapangan, wawancara dengan guru serta staf sekolah, dan analisis dokumen. Masalah utama yang diidentifikasi adalah potensi ketidaksesuaian dimensi mebel terhadap ukuran fisik anak usia dini, yang berisiko menimbulkan ketidaknyamanan dan gangguan muskuloskeletal. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah mengukur dan menganalisis dimensi mebel, membandingkannya dengan standar ergonomi dan antropometri yang relevan, serta mengevaluasi dampaknya pada kenyamanan dan efektivitas belajar. Data antropometrik anak-anak diambil secara detail, mencakup tinggi badan, panjang kaki, dan ketebalan paha. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar dimensi mebel telah memenuhi standar yang ditetapkan, terdapat beberapa aspek yang perlu penyesuaian untuk meningkatkan kenyamanan. Selain itu, penelitian ini menghasilkan rekomendasi desain mebel yang lebih sesuai bagi anak usia dini, termasuk fitur-fitur yang mendukung inklusivitas. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi para pemangku kepentingan dalam merancang fasilitas pendidikan yang tidak hanya aman dan nyaman tetapi juga kondusif bagi perkembangan fisik dan psikologis anak-anak

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Ergonomi, Antropometri, Mebel Pendidikan, Desain Inklusif, Taman Kanak-Kanak
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Interior
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Interior Design
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 27 Oct 2025 04:12
Last mod: 27 Oct 2025 04:12
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View item View item