KAJIAN ESTETIKA VISUAL WÊDANA RÊNGGAN PRABA MAKUTHANING PRANG PADA NASKAH LANGEN WIBAWA PAKUALAMAN

Downloads

Downloads per month over past year

Marwati, Sri and Prabowo, Rahayu Adi and Septia, Rizky Dara and Anggara, Afifah (2024) KAJIAN ESTETIKA VISUAL WÊDANA RÊNGGAN PRABA MAKUTHANING PRANG PADA NASKAH LANGEN WIBAWA PAKUALAMAN. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta.

[img]
Preview
Text
lap_akhir_SRI MARWATI - UP.pdf

Download (4MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

enelitian berjudul Kajian Estetika Visual Wêdana Rênggan Praba Makuthaning Prang Pada Naskah Langen Wibawa ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada kajian Estetika Visual Wêdana Rênggan Praba Makuthaning Prang yang merupakan salah satu bagian dari naskah Langen Wibawa. Langen Wibawa merupakan naskah Pakualaman Yogyakarta yang memuat analisis tarian yang dirumuskan dalam teks, halaman naskah dibingkai dengan hiasan yang fungsinya tidak hanya menghias tetapi juga memiliki maksud tersendiri. Objek yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu naskah Langen Wibawa pada Wêdana Rênggan Praba Makuthaning Prang. Pendekatan yang digunakan dalam kajian visual ini yaitu pendekatan estetika dan filologi. Teori estetika yang digunakan adalah teroi Monroe Beardsley yang memuat aspek: (1) Kesatuan (unity); (2) Kerumitan (complexity) dan; (3) Kesungguhan (Intensity). Hasil penelitian yaitu Pola dasar wêdana rênggan pada Wêdana Rênggan Praba Makuthaning Prang terdiri atas bagian yang terletak di bagian tengah, kemudian dilanjutkan bagian bingkai dalam, bagian atas atau gambar pokok, latar atau gambar pendukung, dan bingkai luar. Gambar pokok terdiri dari pistol, meriam, trompet,tambur, pedang, bayonet, dan senapan. Latar atau gambar pendukung yaitu songsong atau payung berjumlah tiga, dua pasang busur panah atau gendewa lengkap dengan anak panah serta sepasang umbul-umbul. Komposisi gambar utama dan gambar pendukung ini memunculkan unity. Penerapan teknik sungging dengan tingkat warna hingga tiga tingkatan memunculkan serta background untuk gambar utama dan gambar pendukung berupa bingkai warna putih dan ungu muda berselang-seling memunculkan complexity. Intensity terdapat pada komposisi gambar wêdana rênggan yang diletakkan secara berpasangan di dua halaman naskah, sisi verso lembar yang satu dan recto pada lembar berikutnya serta adanya warna merah, putih, biru, dan emas serta objek berupa alat perang terkait kondisi Pakualaman yang pada masa tersebut dipengaruhi oleh Belanda.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: wêdana rênggan, pakualaman, ornamen
Subject: 1. ISI Surakarta > Kriya Seni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Craft Study Program
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 17 Oct 2025 09:00
Last mod: 17 Oct 2025 09:00
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7871

Actions (login required)

View item View item