EKSPLORASI BLENDED CULTURE SEBAGAI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM RANGKA MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL

Downloads

Downloads per month over past year

Laksani, Hening and Rosalina, Neni Nurul and Prilliuno, Syeima (2023) EKSPLORASI BLENDED CULTURE SEBAGAI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM RANGKA MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
lap_akhir_HENING LAKSANI- UP.pdf

Download (4MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

endidikan dan kebudayaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Fokus pendidikan dewasa ini adalah melestarikan dan meningkatkan pemberdayaan budaya nusantara. Pendidikan menjadi jembatan untuk mempertemukan nilai-nilai tradisional dengan kebutuhan dunia industri dan dunia digital ditengah kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini. Terkait dengan narasi budaya dan pendidikan, penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi penerapan model blended culture dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Karanganyar. Model blended culture merupakan integrasi aspek budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman lintas budaya dan kemampuan berbahasa peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada metode studi kasus dalam konteks SMK kejuruan di Kabupaten Karanganyar. Menggunakan masing-masing satu kelas dari empat SMK yang digunakan sebagai subjek penelitian, data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru Bahasa Inggris. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini berimplikasi pada pentingnya integrasi budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Selain itu, penelitian ini diharapkan memberi manfaat akademik berupa sumber referensi maupun data analisis untuk penelitian lanjutan tentang penggunaan model blended culture dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, hasil dari penelitian ini diharapkan memberi dampak positif terhadap pola pendidikan tingkat atas dalam menentukan media maupun pendekatan dan metode yang tepat dalam pengenalan budaya nusantara kepada peserta didik.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Bahasa Inggris, blended culture, budaya nusantara, Sekolah menangah kejuruan, studi kasus
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Interior
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Interior Design
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 14 Oct 2025 02:22
Last mod: 14 Oct 2025 02:22
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7845

Actions (login required)

View item View item