Penerapan Lanksap Linguistik pada Interior Sekolah sebagai Authentic Material untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N 1 Sragen

Downloads

Downloads per month over past year

Rizqi, Faricha and Rosalina, Neni Nurul and Pertiwi, Ayu Ratna and Indraswari, Niken (2024) Penerapan Lanksap Linguistik pada Interior Sekolah sebagai Authentic Material untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N 1 Sragen. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
Faricha Rizqi, - Copy - Copy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Linguistic Landscape (LL) merupakan studi penggunaan bahasa yang terdapat di ruang publik seperti pada papan tanda, papan informasi, poster, dan iklan. Konten dari LL memuat fungsi informatif dan fungsi simbolis mengenai suatu isu menarik yang dapat dimanfaatkan sebagai authentic material. Berkaitan dengan hal ini, penerapan LL dapat memfasilitasi siswa dengan pengalaman yang menarik, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, hubungan langsung antara bahasa di kelas dan dunia luar dapat diperkuat untuk siswa dengan penggunaan materi autentik dan media. Urgensi ini didukung dengan penemuan dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa penerapan LL dalam kelas dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan LL yang dapat ditemukan di interior sekolah dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di jenjang sekolah menengah atas. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi persepi guru mengenai penerapan LL dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Setelah pengumpulan data, hasil data penelitian dianalisis dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Harapannya, hasil penelitian yang dilakukan memiliki makna yang signifikan sehingga dapat menjadi wawasan baru bagi guru dan siswa mengenai penggunaan materi autentik melalui LL yang sesungguhnya berada dekat di sekitar kita.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: lanskap linguistik, materi autentik, pembelajaran bahasa Inggris
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Interior
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Interior Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 16 Sep 2025 06:43
Last mod: 16 Sep 2025 06:43
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7776

Actions (login required)

View item View item