Waluyo, Waluyo and Prilosadoso, Basnendar Herry and Pandanwangi, Brilindra (2022) MEDIA SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA UNTUK ANAK MELALUI KOLABORASI PENCIPTAAN TEMBANG DOLANAN DENGAN BUKU ILUSTRASI. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
![]() |
Text
25. Laporan Akhir - Terapan - Waluyo - UPLOAD.pdf Download (4MB) |
Abstract
Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang multikultural dimana kehidupan masyarakatnya hidup dalam keragaman, hal tersebut dapat dilihat dari keragaman budaya, bahasa, suku, ras, etnis dan agama. Moderasi beragama akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat terlebih dalam kehidupan bangsa yang multikultural. Dengan moderasi ini diharapkan mampu menyelamatkan kita dari sikap intoleran, ekstremisme dan aksi kekerasan. Moderasi beragama merupakan bagaimana kita dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur ajaran agama yang diyakini di dalam kehidupan masyarakat yang plural dan kompleks. Penyebarluasan informasi seputar moderasi beragama ini dibutuhkan oleh semua kalangan, baik dari semua golongan usia, status ekonomi, jenis kelamin, demografi dan aspek lainnya. Begitu juga bagi kalangan siswa sekolah dasar, dimana pada usia tersebut informasi dapat menjadi pedoman nantinya baik untuk sekarang dan di masa depan dalam memahami moderasi beragama. Diperlukan media yang sesuai dan kondisi, serta dibutuhkan alternatif agar informasi yang disampaikan dapat diterima serta menarik. Media alteranatif, salah satunya melalui tembang dolanan mempunyai visualisasi nilai yang tampak dari bentuk tembang dolanan dan syair mengandung ajaran moral yang berguna dan dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan yang dapat diaplikasikan dalam pelestarian bahasa ibu dan pendidikan budi pekerti. Tujuan penelitian terapan, yaitu : 1). Karya tembang dolanan anak yang berisi materi tentang sosialisasi moderasi beragama, dan 2). Karya berupa buku ilustrasi anak yang berisi materi penjelasan tembang dolanan sebagai media publikasi yang efektif dan efisien mengenai sosialisasi moderasi beragama kepada siswa sekolah dasar. Metode penciptaan karya seni ada 6 (enam) tahapan yaitu : Discovery, Interpretation, Ideation, Experimentation, Evolution, dan Implementation. Melalui media ini diharapkan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada warga masyarakat, khususnya siswa sekolah dasar dalam sosialisasi moderasi beragama untuk menuju kehidupan
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Moderasi beragama, tembang dolanan, ilustrasi, siswa sekolah dasar, edukasi |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Karawitan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Karawitan |
User deposit: | Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom |
Datestamp: | 20 Aug 2025 03:56 |
Last mod: | 20 Aug 2025 03:56 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7715 |
Actions (login required)
![]() |
View item |