Wirajati, Yohannes De Britto and Waryanti, Dessy Rachma and Andhika, Yuditia Leo and Irfan, Muhammad (2023) ETNOGRAFI KOLEKTIF SENI CETAK GRAFIS DI YOGYAKARTA: KAJIAN TEORITIS SENI DAN MASYARAKAT. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
![]() |
Text
1. Laporan Akhir-8 - Copy.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Etnografi Kolektif Seni Cetak Grafis di Yogyakarta: Kajian Teoritis Seni dan Masyarakat” ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh yang muncul dari praktik kesenian sehari-hari dua kolektif seni cetak grafis, Krack! Printmaking dan Grafis Minggiran, terhadap masyarakat seni rupa dan publik umum secara luas di Yogyakarta. Target dari penelitian ini adalah hadirnya sebuah referensi (artikel jurnal ilmiah) yang memaparkan kaitan antara praktik dan proses kreatif dari sebuah kolektif seni terhadap persepsi atau perilaku masyarakat umum, lebih khusus lagi masyarakat seni rupa. Untuk dapat menelusuri praktik dan proses kreatif kolektif seni cetak grafis yang diteliti dan pengaruhnya terhadap masyarakat, maka digunakan metode etnografi. Sejauh proses penelitian yang telah berjalan, didapatkan temuan bahwa Krack! Printmaking dan Grafis Minggiran memiliki ekspresi visualnya tersendiri yang mampu menawarkan sebuah perspektif mengenai posisi seni cetak grafis sebagai medium berkomunikasi dengan masyarakat umum, potensi seni cetak grafis sebagai medium propaganda kesadaran atas isu sosial dan rekam jejak seni cetak grafis sebagai hajatan budaya
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | seni cetak grafis, kolektif, krack! printmaking, grafis minggiran, etnografi |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 31 Jul 2025 14:26 |
Last mod: | 31 Jul 2025 14:26 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7583 |
Actions (login required)
![]() |
View item |