Rachman, Anung (2022) KARAKTER ANIMASI 3D REOG PONOROGO. Project Report. ISI Surakarta. (Unpublished)
![]() |
Text
Laporan Akhir - Artistik - Anung Rachman.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penciptaan karya pada laporan ini berupa penciptaan karakter animasi tiga dimensi dengan muatan budaya lokal Indonesia yaitu Reog Ponorogo. Karya karakter 3D ini menjawab tuntutan perkembangan jaman yaitu era industri kreatif. Bangsa Indonesia saat ini memiliki tuntutan untuk mengikuti perkembangan era industri kreatif karena derasnya arus industri luar yang masuk ke Indonesia. Jika kurang adaptif, maka akan banyak kerugian fundamental yang akan dialami. Pertama masuknya industri kreatif dari luar negeri akan menekan baik terhadap industri lokal maupun terhadap kebudayaan lokal mengingat industri yang terimpor tersebut mengandung muatan budaya masing-masing negara penciptanya. Kedua, tekanan ekonomi juga tidak kalah penting, keberhasilan film animasi maupun gim asing akan membuat arus kas mengalir ke luar negeri. Apalagi jika melihat jejak yang lalu bahwa arus uang yang mengalir ke luar melalui industri ini sangat signifikan untuk menambah kesulitan pemerintah dalam menggerakkan ekonomi rakyatnya. Penciptaan karya karakter animasi 3D Reog Ponorogo direncanakan menggunakan metode Design Sprint yang terdiri dari tahap Understand, Diverge, Decide, Prototype, hingga Validate. Metode ini terbukti banyak sukses untuk menciptakan karakter animasi yang terlihat dari banyaknya publikasi dengan metode ini.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Animasi 3D, Reog Ponorogo, Penelitian Artistik |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | Nyono Nyono Nyono |
Datestamp: | 28 Jul 2025 07:55 |
Last mod: | 28 Jul 2025 07:55 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7494 |
Actions (login required)
![]() |
View item |