Shokiyah, Nunuk Nur (2022) MENGGAMBAR POLA BATIK SEBAGAI MEDIA TERAPI UNTUK PENINGKATAN KONSENTRASI PADA ANAK TUNARUNGU. Project Report. ISI Surakarta, SURAKARTA. (Unpublished)
![]() |
Text
11. Laporan Akhir - Terapan - Nunuk Nur Shokhiyah.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran anak tunarungu sangat mudah teralihkan konsentrasi, dan juga sulit untuk menyelesaikan tugas. Upaya untuk memodifikasi perilaku peningkatan konsentrasi dapat dilakukan dengan pelatihan menggambar pola batik. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pelatihan menggambar pola batik dapat meningkatkan konsentrasi anak Tunarungu di PAUD Anak Hebat Semarang. Penggunaan teknik pelatihan menggambar pola batik dapat menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian anak tunarungu berusia 6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain A-B dimana desain ini dapat menunjukan adanya hubungan sebab akibat antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian bahwa skor dan nilai rata-rata perilaku konsentrasi pada anak tunarungu dengan intervensi menggambar pola batik pada pratindakan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pada pratindakan (44,375%.) Pada Intervensi tahap I mengalami peningkatan menjadi (50%), selanjutnya mengalami peningkatan kembali pada Tahp II yaitu menjadi (73,75%) dan untuk Tahap III mengalami peningkatan kembali menjadi (80%). terlihat bahwa menggambar pola batik pada anak tunarungu dapat meningkatkan konsentrasi dan memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam peningkatan konsentrasi.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts |
User deposit: | Raden Lalan Fuandara |
Datestamp: | 28 Jul 2025 06:52 |
Last mod: | 28 Jul 2025 06:52 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7479 |
Actions (login required)
![]() |
View item |