Sudarwanto, Aan (2022) TEKNIK BATIK SHIBORI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MULOK PADA SISWA SD AL ISLAM 3 SURAKARTA UNTUK MEMUNCULKAN MODEL PENDIDIKAN BERKARAKTER. Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain. (Unpublished)
![]() |
Text
9. Kelompok - Aan Sudarwanto.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kegiatan PKM dengan judul “Teknik Batik Shibori Sebagai Media Pembelajaran Mulok pada Siswa SD Al Islam 3 Surakarta untuk Memunculkan Model Pendidikan Berkarakter” ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang seni budaya pada anak usia Sekolah Dasar. Pemikiran ini didasari oleh pentingnya mulok dengan seni budaya sebagai basis model pendidikan berkarakter. Salah satunya seni budaya yang tumbuh dan berkembang adalah batik shibori. Pemberian materi batik shibori penting karena, materi ini bersifat lokal yang berakar dari budaya yang ada di Surakarta. Diharapkan dapat menguatkan siswa agar tidak terkikis oleh perkembangan budaya-budaya baru yang hadir di lingkungan siswa. Pemberian materi lokal sebagai bagian pendidikan yang berkarakter berupa pembelajaran batik shibori diperkenalkan pada anak SD Al Islam 3 Gebang Surakarta. Pemilihan wilayah mitra di Surakarta penting karena merupakan wilayah yang menjadi pusat batik, berkaitan dengan kesinambungan dan pelestarian ke depan. Berpijak dari kegiatan awal diketahui, terdapat beberapa permasalahan yang menjadi kendala dan terjadi pada mitra PKM ini, antara lain : Masih minimnya pengetahuan siswa mengenai batik shibori. Selain itu, adanya kendala minimnya media ajar yang berbasis pada seni. Selanjutnya, masih kurangnya strategi pembelajaran muatan lokal sebagai basis pengetahuan yang perlu dikembangkan kususnya di tingkat Sekolah Dasar. Berpijak dari permasalahan tersebut maka tim PKM ISI Surakarta melakukan kegiatan PKM Tematik Kelompok, dengan target mitra SD Al Islam 3 Gebang Surakarta. Fokus dari kegiatan PKM ini lebih diarahkan pada pada aspek peningkatan kualitas pembelajaran pada model pendidikan berkarakter. Dengan dilakukan beberapa pendekatan seperti pendidikan, pelatihan dan pendampingan. Kemudian dilakukan penguatan sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi tepat guna, yang diharapkan dapat meningkatkan soft skill siswa.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Batik shibori, pendidikan, pelatihan |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Batik |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Batik |
User deposit: | Sartini Sartini S.I.Pust |
Datestamp: | 28 Jul 2025 04:52 |
Last mod: | 28 Jul 2025 04:52 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7468 |
Actions (login required)
![]() |
View item |