Ditto, Frans (2024) UJIAN PENYAJIAN TUGAS AKHIR FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA PROGRAM STUDI SENI KARAWITAN SKRIPSI KARYA SENI DENGAN JUDUL WANGSAGUNA, GENDHING KETHUK 2 KEREP MINGGAH LADRANG JANGGALANA LARAS SLENDRO PATHET SANGA : SAJIAN MRABOT KAJIAN GARAP GENDER. [Audio] (Unpublished)
![]() |
Audio
FRANS DITO.mp3 Download (52MB) |
Abstract
Skripsi karya seni yang berjudul “Wangsaguna, Gendhing Kethuk 2 Kerep Minggah Ladrang Janggalana Laras Slendro Pathet Sanga: Sajian Mrabot Kajian Garap Gender” ini dibuat dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan garap genderan gending Wangsaguna dalam sajian mrabot. Sajian mrabot diawali dari lagon Emplek-emplek Ketepu, suwuk. Wangsaguna, Gendhing Kethuk 2 Kerep Minggah Ladrang Janggalana dados Ladrang Wesmester, suwuk. Suluk Jingking Wetah katampen Ayak-ayak Banyumas, terus Srepeg Banyumas, dan Palaran Asmaradana Laras Slendro Pathet Sanga. Kajian skripsi karya seni ini menganalisis genderan yang meliputi tafsir pathet dan tafsir cengkok pada sajian mrabot Wangsaguna, Gendhing Kethuk 2 Kerep Minggah Ladrang Janggalana. Penelitian skripsi karya seni ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Konsep yang digunakan untuk meneliti genderan gendhing Wangsaguna mrabot adalah: konsep gembyang-kempyung, konsep pathet, konsep padhang ulihan, dan konsep garap. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukan bahwa gendhing Wangsaguna memiliki tafsir pathet sanga sebagai pathet dominan. Pada bagian Ladrang Janggalana terdapat genderan yang mengadaptasi dari genderan Inggah Ela-ela Kalibeber. Kata Kunci: Gendhing Wangsaguna, garap, gender, cengkok,pathet.
Type: | Audio |
---|---|
Not controling keyword: | Gendhing Wangsaguna, garap, gender, cengkok,pathet |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Karawitan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Karawitan |
User deposit: | Eko Sulistyo S.Sn |
Datestamp: | 29 Apr 2025 09:18 |
Last mod: | 29 Apr 2025 09:18 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7297 |
Actions (login required)
![]() |
View item |