KONSEP VISUAL KAMPANYE SOSIAL AJARAN SERAT DEWARUCI YASADIPURA I

Downloads

Downloads per month over past year

Purnengsih, Iis (2024) KONSEP VISUAL KAMPANYE SOSIAL AJARAN SERAT DEWARUCI YASADIPURA I. S3 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
DISERTASI IIS PURNENGSIH 2024.pdf pot.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menemukan konsep visual kampanye sosial ajaran Serat Dewaruci Yasadipura I (1729-1801). Penelitian ini difokuskan pada ajaran Kepemimpinan Sejati yang tersirat pada kisah perjalanan Bima mencari air kehidupan dalam Serat Dewaruci. Serat Dewaruci merupakan karya sastra dalam bentuk tembang macapat yang menceritakan kisah perjalanan Bima mencari air kehidupan dan memperoleh wirid sebagai laku dalam ilmu sejati. Filsafat dalam Serat Dewaruci yaitu filsafat Mistika, filsafat yang menjelaskan pemahaman bagaimana manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup sejati. Ciri pemikiran filsafat Mistika diungkapkan dalam bahasa kias (simbol) sebagai pengejawantahan hal-hal yang konkret untuk mengungkapkan isi hati perasaan. Akan tetapi pemahaman masyarakat terutama generasi millenial tentang bahasa dan simbol-simbol komunikasi yang digunakan oleh masyarakat terdahulu mengalami distorsi. Dan ilmu pengetahuan dalam proses pembelajaran budaya masyarakat saat ini juga terfokus pada seni modern ala Barat. Meskipun tidak dapat ditolak, akan tetapi dapat dijadikan sebagai alat untuk memperkaya pemahaman terhadap budaya sendiri. Temuan ajaran Kepemimpinan Sejati yang tersirat dalam Serat Dewaruci divisualisasikan ke dalam media audio visual dan diimplementasikan ke media digital kampanye sosial. Jenis penelitian yang digunakan untuk mengkaji kampanye sosial ajaran Kepemimpinan Sejati ini menggunakan Practise-led Research. Metode penelitian menggunakan design thinking, tahapan meliputi: a) emphathize; b) define; c) idea; d) prototype; e) test. Teknik pengumpulan data purposive sampling melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Pendekatan yang digunakan dengan meminjam teori hermeneutik dan alih wahana. Dan strategi visual kampanye sosial menggunakan model AISAS untuk mempersuasi khalayak sasaran yaitu generasi millenial. Penelitian ini menghasilkan tiga simpulan: pertama, Serat Dewaruci karya Yasadipura I tersirat ajaran Kepemimpinan Sejati. Kedua, visualisasi konsep ajaran Kepemimpinan Sejati merupakan gambaran delapan unsur alam yaitu vii bumi, bulan, matahari, bintang, air, angin, awan dan api. Setiap unsur alam mewakili sifat/karakter pemimpin sejati. Ketiga, Kampanye sosial ajaran Serat Dewaruci menggunakan strategi komunikasi visual untuk menyampaikan pesan hasil interpretasi simbol, konsep visual psychedelic spiritualisme modern dan model kampanye AISAS yang ditujukan kepada khalayak sasaran yaitu generasi millenial usia 25 sampai 40 tahun.

Type: Thesis (S3)
Not controling keyword: Konsep visual, kampanye sosial, ajaranSerat Dewaruci, Yasadipura I
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Doctoral Program (S3)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 17 Sep 2024 07:12
Last mod: 17 Sep 2024 07:12
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6795

Actions (login required)

View item View item