Pramono, Pandu Galih (2024) THUNG–THUNG: INTERPRETASI PUKULAN KENTONGAN DI TULUNGAGUNG. S1 thesis, ISI Surakarta.
|
Text
Pandu Galih Pramono.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Karya “Thung-Thung” merupakan karya komposisi musik terinspirasi dari pukulan kentongan. Karya ini menafsirkan pukulan kentongan dalam bentuk karya komposisi “Thung-Thung”. Karya komposisi “Thung-Thung“ memuat gagasan, landasan konseptual, metode kekaryaan, dan hasil. Gagasan terinspirasi dari fenomena masyarakat menggunakan kentongan sebagai alat komunikasi pada kegiatan kamling (keamanan lingkungan). Landasan teori kreativitas dan jalan kompositoris intrepretasi menjadi pijakan karya komposisi “Thung-Thung”. Beberapa aspek diinterpretasikan dalam karya ini ialah pukulan kentongan. Karya ini tersusun dari tiga bagian, bagian tersebut antara lain bagian satu sedih dan prihatin, di bagaian kedua suasana takut dan tegang, bagian ketiga suasana aman dan tentram. Metode digunakan karya komposisi “Thung-Thung” adalah eksplorasi, ekperimentasi, dan perwujudan. Pengumpulan data dalam penyusunan karya ini meliputi studi pustaka, orientasi, observasi, dan wawancara. Hasil karya komposisi “Thung-Thung” ialah perkembangan warna bunyi, pola ritme, tempo disusun menggunakan instrumen kentongan, bonang penerus, kenong, kempul, gong suwuk, suling, dan sompret. Kata kunci: Thung-Thung, Interpretasi, Pukulan Kentongan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Karawitan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Karawitan |
User deposit: | Raden Lalan Fuandara |
Datestamp: | 04 Sep 2024 01:37 |
Last mod: | 04 Sep 2024 01:37 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6780 |
Actions (login required)
View item |