TANGNGÈH SAOR, KAJIAN KARYA MUSIK BARU BERTOLAK DARI MUSIK UL DAUL DALAM TRADISI MASYARAKAT PAMEKASAN

Downloads

Downloads per month over past year

Pambudi, Lambang Kokoh Restu (2023) TANGNGÈH SAOR, KAJIAN KARYA MUSIK BARU BERTOLAK DARI MUSIK UL DAUL DALAM TRADISI MASYARAKAT PAMEKASAN. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Tangngèh_Saor_Revisi_AKHIR[1] POT.pdf

Download (4MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Skripsi karya seni ini berusaha mengkaji Tangngèh Saor, kajian karya musik baru yang bertolak dari musik Ul Daul dalam tradisi masyarakat Pamekasan. Dua permasalahan yang diajukan dalam skripsi karya seni ini adalah: (1) Bagaimana cara agar musik Ul Daul dapat dikenal di daerah perkotaan? (2) Bagaimana spirit kebersamaan masyarakat Madura dapat memelihara persaudaraan dalam konteks pertemanan. Dua permasalahan ini dikaji berdasarkan kaidah-kaidah musikal Ul Daul, Teori Produk Kreativitas Yasraf Amir Pilliang, Teori Kreativitas Mihalyi Csikszentmihalyi, Konsep Garap Ekspresi Johan dalam buku Psikologi Musik. Data-data penelitian dikumpulkan melalui observasi, studi pustaka, dan wawancara kepada pelaku musik Ul Daul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik Ul Daul merupakan musik yang berasal dan berkembang di Kabupaten Pamekasan. Pada awal kemunculannya merupakan musik patrol yang biasanya membangunkan warga kampung untuk melakukan kegiatan makan sahur pada bulan Ramadhan. Seiring dengan perkembangan jaman, musik Ul Daul tetap bertahan sebagai musik yang fleksibel sehingga dapat dikategorikan ke dalam musik populer di kalangan masyarakat Pamekasan secara khusus dan masyarakat Madura secara luas. Spirit kebersamaan yang ada pada masyarakat Madura dapat dilihat dari salah satu falsafah hidup orang Madura yang berbunyi:” Sapa’ andhani, sapa’ ngarep, sapa’ tangkal, sapa’ trung yang berarti semangat untuk saling menyapa, saling mendukung, saling membela dan saling menguatkan antar sesama anggota masyarakat Madura. Hal tersebut dapat dimaknai sebagai spirit mempertahankan identitas sebagai orang Madura dan dapat ditinjau dari sajian musikalitas pada musik Ul Daul baik dari segi karakteristik tabuhan dengan suasana semangat yang ditunjukkan oleh para pemusik dalam satu kesatuan sajian musik Ul Daul yang ditunjukkan dengan teknik tabuhan rampak, unisono, irama yang mengalami prinsip pertumbuhan serta tempo yang dinamis. Kata Kunci: Tangngèh Saor, musik Ul Daul, Karya musik baru

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Tangngèh Saor, musik Ul Daul, Karya musik baru
Subject: 1. ISI Surakarta > Karawitan
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Karawitan
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 10 Jul 2024 08:08
Last mod: 10 Jul 2024 08:08
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6667

Actions (login required)

View item View item