KREATIVITAS EKO SUPRIYANTO PADA PENCIPTAAN TARI BALABALA

Downloads

Downloads per month over past year

Kristianto, Imam (2020) KREATIVITAS EKO SUPRIYANTO PADA PENCIPTAAN TARI BALABALA. S2 thesis, ISI Surakarta.

[img] Text
TESIS Imam Kristianto 2020 pot.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kreativitas Eko Supriyanto pada Penciptaan tari Balabala”, Balabala merupakan karya ke dua dari serial seni pertunjukan berbasis riset, Trilogi Of Jailolo, yang diciptakan oleh Eko Supriyanto pada tahun 2016. Karya tari ini telah tampil dua puluh dua kali di beberapa negara di Asia, Australia dan Eropa dari tahun 2016, dan berlanjut untuk World Tour di tahun 2017 dan sepanjang 2018. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini mengenai bagaimana bentuk pertunjukan tari Balabala karya Eko Supriyanto dan bagaimana kreativitas Eko Supriyanto dalam penciptaan tari Balabala. Tujuan penelitian ini membahas mengenai analisis bentuk dan struktur koreografi tari Balabala dan menemukan ciri-ciri yang baru atau hubungan-hubungan baru dari karya Eko Supriyanto yang telah ada sebelumnya, serta menemukan konsep kebaruan, ide gagasan dalam penciptaan koreografi Balabala. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif interpretatif. Kerangka teori yang digunakan teori mengenai aspek koreografi kelompok Y. Sumandiyo Hadi dan teori Participation Action Research (PAR) yaitu Re-Visiting, Re-Questioning dan Re-Interpreting oleh Eko Supriyanto. Teknik pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa Eko Supriyanto seorang seniman tari kontemporer mampu membawa inovasi pengembangan dari tradisi ke kontemporer dalam kancah tari kontemporer Indonesia. Balabala disusun berdasarkan pijakan bentuk tari tradisi Soya-Soya, Cakalele dan Beronggeng yang dikemas melalui proses pengembangannya dari tari tradisi ke tari kontemporer. Dalam proses penciptaan tari Balabala menunjukkan bahwa Eko Supriyanto menggunakan teori Participation Action Research (PAR) yaitu Re-Visiting, Re-Questioning dan Re-Interpreting sebagai riset dalam tahap proses kreatif, masing-masing tahap tersebut menghasilkan sebuah inovasi kebaruan dalam wujud pertunjukan tari Balabala. Di tinjau dari berbagai aspek yaitu, gerak, musik tari, tata rias dan busana, tata panggung, tempat pertunjukannya.

Type: Thesis (S2)
Not controling keyword: Kreativitas, Eko Supriyanto, Tari Balabala
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 27 Jun 2024 02:24
Last mod: 27 Jun 2024 02:24
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6642

Actions (login required)

View item View item