KOMODIFIKASI FILM BIOPIK SANG PENCERAH, SOEGIJA, DAN SANG KIAI

Downloads

Downloads per month over past year

Kartika, Bambang Aris (2020) KOMODIFIKASI FILM BIOPIK SANG PENCERAH, SOEGIJA, DAN SANG KIAI. S3 thesis, ISI Surakarta.

[img] Text
DISERTASI BAMBANG ARIS KARTIKA 2020 pot.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan mengkaji film biopik, baik dari sisi struktur (form) maupun strategi komodifikasi. Adapun rumusan permasalahan adalah: (1). Bagaimana struktur dan pola adaptasi (alih wahana) film biopik Sang Pencerah, Soegija, dan Sang Kiai yang bersumber dari historical truth; (2). Mengapa film biopik Sang Pencerah, Soegija, dan Sang Kiai diproduksi menjadi komoditas film di industri perfilman Indonesia; dan (3) Bagaimana strategi komodifikasi pada produksi film biopik sebagai komoditas film komersial. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh pemahaman terhadap pola alih wahana (adaptasi) dari struktur naratif dan struktur dramatik film biopik yang harus berdasar pada kebenaran sejarah (historical truth) dan strategi komodifikasi produksi film biopik Sang Pencerah, Soegija, dan Sang Kiai yang memposisikan teks sejarah biografi menjadi komoditas komersial dengan mempertimbangkan prinsip marketability dan playability. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dan metode sejarah, yaitu teknik heuristik, kritik internal, dan hermeneutika. Kerangka teoritis menggunakan: (1). Teori alih wahana (adaptasi) Whelehan dan Cartmell tentang konsepsi commentary produksi film berbasis fakta ke fiksi untuk menganalisis relevansi teks historiografi biografi dengan konten teks cerita film, (2). Teori marketability dan playability Finola Keerigan tentang peluang film untuk diterima oleh pasar dan bagaimana film itu diterima oleh penontonnya, (3). Teori komodifikasi Vincent Mosco, Chris Barker, dan Idy Subandi Ibrahim bahwa komodifikasi merupakan proses transformasi berupa perubahan nilai guna yang semula bukan produk bernilai komersial diubah menjadi komoditas yang tujuan utamanya mendatangkan keuntungan di pasar. Hasil penelitian ini, antara lain: (a). Struktur naratif dan struktur dramatik menunjukkan konsep rekonstruksi referensial dalam proses alih wahana vii (adaptasi) antara teks historiografi biografi dengan teks naratif, teks visual film, dan jalinan cerita yang terbentuk dari struktur plot tiga babak, (b). Produksi film biopik Sang Pencerah, Soegija, dan Sang Kiai dalam industri perfilman Indonesia merupakan produk komoditas komersial yang bertujuan memperoleh profit. Hal ini mengarah kepada praktik komodifikasi dengan strategi komodifikasi sebagai sarian penelitian ini, yaitu: (1). Riset sejarah sebagai keharusan dalam prosedur produksi film biopik, (2). Pemilihan tokoh dengan menghadirkan kebenaran sejarah (historical truth) dan realitas filmis, (3) Konten cerita berisi puncak-puncak peristiwa dramatik yang paling menarik segmentasi pasar merujuk kepada sasaran dari strategi komodifikasi film biopik, dan (4) Potensi segmentasi pasar mempertimbangkan segmen penonton yang memiliki ikatan psikologis, emosional, identitas, dan ideologis

Type: Thesis (S3)
Not controling keyword: komodifikasi, alih wahana (adaptasi), film biopik, historical truth, struktur naratif, struktur dramatik
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Doctoral Program (S3)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 21 May 2024 07:18
Last mod: 21 May 2024 07:18
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6569

Actions (login required)

View item View item