Sutrisno, Andika Agung (2023) DESAIN KEMASAN BESEK SEBAGAI BRAND IDENTITY KEDAERAHAN. S3 thesis, ISI Surakarta.
|
Text
DISERTASI ANDIKA AGUNG SUTRISNO 2023 pot.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Relasi produk kuliner kedaerahan, kemasan besek, label serta pengikat merupakan desain kemasan besek yang menjadi objek penelitian. Desain kemasan besek memiliki peran penting dalam mempresentasikan produk kuliner khas kedaerahan. Penelitian fenomena desain kemasan besek bertujuan menemukan konsep desain pada memori kolektif sebagai pesan persuasif yang menjadi brand identity kedaerahan. Metode penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi melalui pengumpulan fakta-fakta yang berhubungan dengan latar belakang penggunaan dan bentuk empiris desain kemasan besek, serta ungkapan emosional. Fokus penelitian adalah menemukan konsep desain kemasan besek yang berkontribusi dalam brand identity. Manfaat penelitian dapat membuka peluang untuk mengembangkan strategi branding yang lebih kuat dan autentik berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang konsep desain kemasan bernuansa kedaerahan. Analisis interaksi data kualitatif dan interpretasi digunakan untuk mencapai tujuan penelitian melalui pendekatan fungsionalisme, tanda dan brand identity prism serta hubungan antar konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditas produk kuliner khas daerah dipengaruhi oleh narasi produk dan atribut kemasan. Pengaruh tersebut menstimulasi nostalgia konsumen dan memori kolektif. Kepercayaan konsumen terhadap produk dipengaruhi oleh narasi tentang identitas kedaerahan, yaitu branding yang mencerminkan asas harmoni, kesesuaian, dan kepatutan yang bernilai dan bermakna tradisi. Kenangan tentang produk kuliner terkait dengan asal-usul produk, cara pembuatan, keunikan rasa, dan peran dalam acara ritual, membangkitkan emosi konsumen. Identitas kuliner khas kedaerahan tercapai melalui karakteristik desain kemasan besek. Ingatan kultural dalam desain kemasan besek adalah identitas kedaerahan, yang mengandung makna tipikal sesuai dengan fenomena kemasan besek dan produk kuliner. Desain kemasan yang baik berkontribusi dalam pengembangan identitas produk dan membangun kepercayaan publik. Konsep reminisensi dalam brand identity kedaerahan hadir dalam elemen visual dan simbol kedaerahan yang berdampak pada peningkatan loyalitas konsumen. Signifikansi penelitian dapat menstimulasi pemikiran baru pada bidang desain. Pemikiran terkait ingatan kultural berkontribusi dalam membentuk identitas kedaerahan dan meningkatkan loyalitas konsumen. Konsep reminisensi dalam brand identity berdampak positif pada kepercayaan publik terhadap produk kedaerahan.
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Not controling keyword: | Fenomena, desain kemasan besek, memori, brand, identitas |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Divisions: | Faculty of Graduate Programs > School of Doctoral Program (S3) |
User deposit: | Nyono Nyono Nyono |
Datestamp: | 02 May 2024 07:46 |
Last mod: | 02 May 2024 07:46 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6559 |
Actions (login required)
View item |