KONSEP PENGEMBANGAN KARYA FILM DALAM FESTIVAL FILM PELAJAR JOGJA

Downloads

Downloads per month over past year

Setyawan, Deddy (2024) KONSEP PENGEMBANGAN KARYA FILM DALAM FESTIVAL FILM PELAJAR JOGJA. S3 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
DSERTASI DEDDY SETYAWAN 2024 pot.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian disertasi ini bertujuan untuk mengkaji konsep pengembangan karya film dalam Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) dengan fokus pada karya film peserta FFPJ periode 2010-2021. Tujuan utama penelitian disertasi ini adalah pertama, untuk menguraikan bentuk karya film peserta festival; kedua, untuk menjelaskan perkembangan bentuk karya film yang diikutsertakan dalam festival; dan ketiga, untuk menemukan konsep yang tepat dalam mengembangkan karya film pelajar di masa yang akan datang. Pendekatan fenomenologi yang diarahkan ke bidang sinematografi digunakan dalam penelitian ini untuk memahami karya film peserta FFPJ. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap dokumen FFPJ. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, bentuk karya film pelajar peserta FFPJ adalah film bertemakan kebhinnekaan, persahabatan dan perdamaian serta cinta tanah air. Film peserta festival terbagi kategori fiksi, dokumenter, video musik dan film eksperimental. Bentuk karya film dilihat dari sinematografi memperlihatkan bentuk film yang mengandung unsur estetika, skenario, penyutradaraan, suara dan editing sebagai film karya pemula ditandai dengan hasil karya film pendek. Kedua, perkembangan karya film yang terbagi dalam tiga periode yaitu Periode Perintisan (2010 – 2013), Periode Pembentukan (2014 – 2017), dan Periode Pengembangan (2018 – 2021). Ketiga, konsep pengembangan karya film pelajar diarahkan pada film-film yang mengusung nilai-nilai keberagaman, toleransi, perdamaian, kesetaraan, dan cinta tanah air. Konsep pengembangan pada aspek komunikasi menyampaikan realitas permasalahan di masyarakat, kritik dan gagasan kepada masyarakat penonton baik dalam bentuk komunikasi yang eksplisit, simbolik maupun abstrak. Konsep pengembangan pada aspek sinematografi yang tersedia pada smartphone sehingga lebih banyak pelajar yang berkegiatan dalam pembuatan film. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu karya film pelajar sangat dinamis dilihat dari bentuknya sebagaimana tampak pada tema, kategori film dan aspek sinematografinya. Pada film karya pemula, ide cerita serta pesan yang disampaikan kepada penonton cukup kaya dengan nilai-nilai bagi masyarakat Indonesia. Konsep pengembangan karya film pelajar yaitu film sebagai media kritik dan gagasan secara eksplisit, simbolik, dan abstrak dengan pemanfaatan aplikasi yang tersedia pada smartphone.

Type: Thesis (S3)
Not controling keyword: Film Pelajar, Pengembangan, Nilai-nilai, Komunikasi, Sinematografi
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Doctoral Program (S3)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 18 Apr 2024 07:54
Last mod: 18 Apr 2024 07:54
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6530

Actions (login required)

View item View item