GAYA PERMAINAN GITAR KERONCONG TUKIYO TJIPTOMARTONO

Downloads

Downloads per month over past year

Seto, Novan Daru Anggoro (2023) GAYA PERMAINAN GITAR KERONCONG TUKIYO TJIPTOMARTONO. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI -POTONG.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Penelitian berjudul Gaya Permainan Gitar Keroncong Tukiyo Tjiptomartono ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan gaya permainan gitar keroncong Tukiyo Tjiptomartono (1948-2021). Tukiyo Tjiptomartono adalah seorang musisi keroncong di Surakarta yang memiliki ciri khas gaya permainan gitar keroncong yang menarik untuk dipelajari lebih jauh berdasarkan proses perjalanan kesenimanannya hingga bentuk ciri khas dari gaya permainan gitar itu sendiri. Penelitian ini berangkat dari landasan pemikiran tentang gaya permainan gitar keroncong Tukiyo Tjiptomartono yang dapat diidentifikasi berdasarkan pemahaman konsep gaya yang dijelaskan oleh Bruno Nettl dan beberapa pemikiran yang lainnya. Konsep gaya yang dipahami sebagai konfigurasi atribut dari suatu pola atau cara yang menjadi pembentuk identitas seniman dapat dijadikan sebagai pijakan dasar untuk memahami gaya permainan gitar keroncong Tukiyo Tjiptomartono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan pendekatan intersubjektif. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa tahapan, antara lain pengamatan, pengamatan terlibat, wawancara, studi arsip dan dokumen, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tukiyo Tjiptomartono sebagai seniman musik keroncong, yang dikenal dan dikenang oleh seniman-seniman musik keroncong dengan ciri khas melodi gitarnya. Ciri khas yang muncul dapat diidentifikasi berdasarkan (1) Teknik permainan, (2) Pola permainan gitar keroncong, dan (3) Variasi atau pengembangan pola gitar gaya Tukiyo Tjiptomartono. Teknik permainan merupakan tata cara teknik dasar dalam permainan gitar keroncong, pola permainan yang dimaksud merupakan bentuk-bentuk melodi pada pola akor dalam struktur keroncong asli akor 1, 2, 4, dan 5. Variasi atau pengembangan merupakan hasil dari kreativitas Tukiyo Tjiptomartono dan dapat dianalisis melalui perpindahan akor, susunan not, dan improvisasi-improvisasi yang dilakukan oleh Tukiyo Tjiptomartono. Kata kunci : Gaya, Tukiyo Tjiptomartono, Gitar, Keroncong, Kesenimanan

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Gaya, Tukiyo Tjiptomartono, Gitar, Keroncong, Kesenimanan
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 27 Feb 2024 06:06
Last mod: 27 Feb 2024 06:06
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View item View item