KODE-KODE BUDAYA DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP

Downloads

Downloads per month over past year

Damayanti, Ega (2023) KODE-KODE BUDAYA DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP. S2 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
TESIS EGA DAMAYANTI 2023 pot.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Film Ngeri-ngeri Sedap adalah film panjang dengan genre drama keluarga yang bercerita tentang anak-anak suku Batak yang merasa khawatir karena terikat dengan adat dan budaya saat tinggal di luar daerah asal mereka. Film yang berlatar budaya Batak memunculkan banyak nilai-nilai simbol di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kode-kode budaya dalam film Ngeri-ngeri Sedap. Pendekatan penelitian menggunakan metodologi kualitatif. Terdapat perspektif teori untuk melihat bagaimana kode-kode budaya dalam film Ngeri-ngeri Sedap. Melalui pembacaan kode-kode dari Pierre Guiraud, tanda-tanda visual film Ngeri-ngeri Sedap melalui pembacaan denotatif dan konotatif perspektif Roland Barthes serta dianalisis menggunakan mise en scene. Penelitian ini menunjukkan karakter dalam Film Ngeri-ngeri Sedap memiliki ciri khas dan sifat yang membedakan satu sama lain. Film Ngeri-ngeri Sedap menggunakan elemen-elemen tanda visual dan kode-kode budaya untuk menyampaikan pesan dan makna kepada penonton.tanda visual seperti pengaturan tempat, pencahayaan, gerakan,dan ekspresi para pemain digunakan untuk menciptakan atmosfer dan memperkuat pesan yang terkandung dalam adegan-adegan film Ngeri-ngeri Sedap. selain itu, kode-kode budaya yang tercermin dalam film ini meliputi upacara adat Sulang-sulang Pahompu, menikah harus sesama suku, anak laki-laki kecil pewaris rumah, martutur, lapo tempat berkumpulnya masyarakat Batak dan mie Gomak sebagai makanan khas Batak. Film Ngeri-ngeri Sedap mengandung makna ideologi yang penting dalam konteks budaya Batak. Ideologi sutradara dan produser dalam film ini adalah untuk menunjukkan bahwa komedian juga memiliki kemampuan akting yang baik dan untuk memanfaatkan ciri khas humor komika Indonesia dalam menarik penonton.

Type: Thesis (S2)
Not controling keyword: Kode-kode, Mise en Scene, Suku Batak, Semiotika, Film
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 12 Dec 2023 08:46
Last mod: 12 Dec 2023 08:46
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View item View item