LAPORAN PELAKSANAAN PENELITIAN HIBAH BERSAING: Pengembangan Desain Interior Museum Radyapustaka Berbasis “Ergonomi (Kenyamanan dan Keamanan)” sebagai Pusat Budaya, Informasi dan Tujuan Wisata di Kota Surakarta

Downloads

Downloads per month over past year

Purnomo, Purnomo and Prilosadoso, Basnendar Herry and Sugihartono, Ranang Agung (2013) LAPORAN PELAKSANAAN PENELITIAN HIBAH BERSAING: Pengembangan Desain Interior Museum Radyapustaka Berbasis “Ergonomi (Kenyamanan dan Keamanan)” sebagai Pusat Budaya, Informasi dan Tujuan Wisata di Kota Surakarta. ISI Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
Lap Penelitian PENGEMBANGAN DESAIN INTERIOR MUSIUM RADYAPUSTAKA BERBASIS ERGONOMI SEBAGAI PUSAT BUDAYA, INFORMASI DAN TUJUAN WISATA DI KOTA SURAKARTA Agung Purnomo.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Pengembangan Desain Interior Museum Radyapustaka Berbasis Ergonomi (Kenyamanan dan Keamanan) sebagai Pusat Budaya, Informasi dan Tujuan Wisata Kota Surakarta “. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mewujudkan Interior Museum Radyapustaka yang nyaman bagi pengunjung dan pengelola, juga memenuhi persyaratan keamanan untuk benda koleksi yang berada di dalamnya. Interior Museum Radyapustaka yang sekarang kurang nyamanan di samping itu aspek keamanan terhadap benda koleksi dirasakan masih lemah. Sebagian dari sistem keamanan tersebut terkait dengan desain interior. Tahap pertama bertujuan mengidentifikasi interior Museum Radyapustaka. Eksperimen desain akan dilaksanakan di kampus ISI Surakarta dengan melibatkan tim dosen dan mahasiswa Program Studi Desain Interior dan pihak lain yang terkait. Untuk menggali data yang berupa artefak, literatur, dan informan dilakukan melalui observasi, studi literatur, wawancara, dan dokumentasi. Eksperimen desain dilakukan dengan pendekatan desain dan diperkuat oleh pendekatan evokatif, edukatif, psikologi dan sosio-budaya. Triangulasi data dipilih sebagai alat untuk menjaga tingkat validitas data, sedangkan model analisisnya bersifat interaktif . Model analisis SWOT dipakai ketika akan melakukan perumusan desain interior Museum Radyapustaka. Tahap ke-2 melakukan kegiatan uji-coba desain melalui kegiatan mewujudkan desain (produk eksperimen) dan penerapannya (implementasi desain), evaluasi, dan penyempurnaan konsep desain. Kata Kunci: Museum, Radyapustaka, interior, kenyamanan, keamanan

Type: Other
Not controling keyword: Museum, Radyapustaka, interior, kenyamanan, keamanan
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Interior
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Interior Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 22 Nov 2016 08:07
Last mod: 22 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View item View item