MAKNA IKLAN VISUAL MUSEUM SANGIRAN SRAGEN

Downloads

Downloads per month over past year

Rahmawati, Zulva (2014) MAKNA IKLAN VISUAL MUSEUM SANGIRAN SRAGEN. S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img] Text
Tesis ZulfaRahmawati.pdf

Download (1MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

INTISARI Rahmawati, Zulfa, 2014. MAKNA IKLAN VISUAL MUSEUM SANGIRAN. Tesis. Iklan memiliki peranan penting dalam dunia perdagangan. Periklanan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh suatu institusi atau pribadi guna mengkomunikasikan informasi suatu barang atau jasa serta berisi ajakan atau persuasif kepada khalayak sasaran agar melakukan tindakan sesuai yang diharapkan oleh pengiklan. Sajian visual iklan dibuat menarik agar khalayak sasaran menjadi tertarik untuk melihat atau mengetahui pesan yang ada di dalamnya. Iklan juga dilakukan Museum Sangiran guna mengkomunikasikan segala informasi mengenai kehidupan masa pra sejarah yang terjadi di daerah Sangiran dan sekitarnya. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk iklan visual Museum Sangiran dan bagaimana makna iklan visual Museum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konstruksi makna pesan iklan yang ingin disampaikan, kemudian menjelaskan konstruksi makna pesan Sangiran serta mengetahui makna denotatif dan konotatif yang terdapat pada media periklanan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Saussure, yaitu pananda dan petanda, kemudian analisis semiotika Roland Barthes, yakni denotatif dan konotatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, media periklanan Museum Sangiran memiliki dua bentuk, yaitu cetak dan elektronik, yaitu folder, street banner, sign board, billboard, dan media internet. Kedua, struktur makna media periklanan Museum Sangiran terdiri dari elemen visual dan elemen verbal. Ketiga, terdapat makna denotatif dan makna konotatif pada media-media periklanan Museum Sangiran. Dari makna yang terdapat pada media periklanannya, terdapat kesamaan isi pesan, yaitu mengenai keberadaan Museum Sangiran yang berisi informasi mengenai kehidupan masa pra sejarah yang telah mengalami kepunahan. Tujuan pesan terakhir pemerintah ingin mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam upaya menjaga, mengembangkan dan melestarikan warisan dunia ini. Kata kunci: museum, Sangiran, periklanan, makna.

Type: Thesis (S2)
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Pascasarjana
Datestamp: 15 Nov 2016 05:50
Last mod: 15 Nov 2016 05:50
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View item View item