PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DIGITAL IMAGING MAHASISWA PROGRAM STUDI FOTOGRAFI

Downloads

Downloads per month over past year

Wahyudi, Johan Ies (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DIGITAL IMAGING MAHASISWA PROGRAM STUDI FOTOGRAFI. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Johan Is Wahyudi.OK.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Ketika pendidikan terpusat pada seorang dosen dengan posisinya terkadang sebagai sumber pembelajaran maka posisi seorang dosen mempunyai peran yang besar dan sentral.. Problematika kadang muncul ketika standar kualifikasi sebagai dosen mendapat kritik terhadap dosen yang telah tersertifikasi. Beragam kritik kadang muncul karena adanya sebuah tunjangan sertifikasi dosen sebagai salah satu bentuk apresiasi pemerintah terhadap peningkatan tingkat kesejahteraan pendidik namun tidak sebanding lurus dengan peningkatan kualitas peserta didiknya. Pada akhirnya hal ini dapat diartikan sebagai bentuk tingkat profesionalisme dosen dalam mengajarnya dan mestinya dapat diukur dan menjadi indikator kinerjanya. Salah satu bentuk kritikan berikutnya yang disampaikan oleh pengamat pendidikan adalah hadirnhya dosen yang masih percaya dengan menyajikan suatu perkuliahan yang kurang variatif sehingga menimbulkan kecenderungan suasana pembelajaran yang membosankan. Pada sisi mahasiswa dapat dijumpai bahwa motivasi belajar pada mata kuliah Digital Imaging pada Program Studi Fotografi sejauh ini ternyata masih belum memadai. Hal ini terjadi dikarenakan mahasiswa belum memahami arti penting atau manfaat belajar mata kuliah ini. Penjelasan tentang manfaat penelitian ini diharapkan dapat merangsang kembali motivasi belajar mahasiswa kelas Digital Imaging ini. Melalui penelitian inilah peran kontributif antara dosen dan mahasiswa terkait upaya pengembangan dan peningkatan motivasi belajar dengan model-model pembelajaran kreatif dan inovatif yang terarah dan terukur untuk perkuliahan ini salah satunya dengan mencoba mengaplikasikan metode pembelajaran yang menitikberatkan pada interaksi edukatif yang kooperativ (Cooperative Learning) yang selayaknya telah dibangun oleh dosen sesuai substansi pembelajaran yang diampu berdasarkan aktivitas mahasiswanya.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: model pembelajaran, cooperative learning, Jigsaw, motivasi belajar
Subject: 1. ISI Surakarta > Fotografi
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 28 Apr 2022 05:44
Last mod: 28 Apr 2022 05:44
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5281

Actions (login required)

View item View item