POTENSI ANGGOTA PADUAN SUARA DALAM MENGHASILKAN HARMONI VOKAL SECARA ALAMI ( STUDI KASUS MUSIK GEREJA DI GPIB JEMAAT PENABUR SURAKARTA)

Downloads

Downloads per month over past year

Handoko, Agus Budi (2012) POTENSI ANGGOTA PADUAN SUARA DALAM MENGHASILKAN HARMONI VOKAL SECARA ALAMI ( STUDI KASUS MUSIK GEREJA DI GPIB JEMAAT PENABUR SURAKARTA). S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img] Text
Tesis Agus Budi Handoko.pdf

Download (68MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

ABSTRAK POTENSI ANGGOTA PADUAN SUARA DALAM MENGHASILKAN HARMONI VOKAL SECARA ALAMI ( STUDI KASUS MUSIK GEREJA DI GPIB JEMAAT PENABUR SURAKARTA) Agus Budi Handoko Penelitian berjudul “Potensi Anggota Paduan Suara dalam Menghasilkan Harmoni Vokal Secara Alami (Studi Kasus Musik Gereja di GPIB Jemaat Penabur Surakarta)” ini berusaha menggali dan menganalisis potensi yang dimiliki oleh anggota paduan suara dalam membuat harmoni vokal secara alami di gereja, yaitu: harmoni yang munculnya tidak bersumber atau tidak menggunakan konsep teori harmoni musik barat. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti membuat beberapa pertanyaan dalam rumusan masalah yang berkaitan dengan: 1. Terbangunnya kemampuan menghasilkan harmoni vokal alami. 2. Hasil harmoni vokal alami. 3. Manfaat potensi musikal tersebut dalam kehidupan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Konsep yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan: 1. Konsep fenomenologi untuk menghasilkan data-data mengenai munculnya potensi membuat harmoni vokal secara alami. 2. Konsep etnografi untuk menghasilkan data-data berkaitan dengan kebudayaan bernyanyi. 3. Konsep yang digunakan untuk menganalis harmoni vokal alami menggunakan teori harmoni. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah: 1. Terbangunnya potensi menghasilkan harmoni vokal alami dipicu oleh dua hal yaitu: latar belakang gereja, dan latar belakang budaya mereka. 2. Wujud harmoni alami ketika dibandingan dengan harmoni konvensional secara umum hampir sama, tetapi apabila dicermati lebih mendalam maka akan terdapat perbedaan di antara keduanya, yaitu: proses, karakter penyusunan setiap jenis suara, dan bentuk penyajian. 3. Potensi mereka dapat digunakan sebagai alat memuji Tuhan, mendukung pelaksanaan ibadah, dan membawa hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Anggota jemaat gereja yang memiliki potensi menghasilkan harmoni vokal alami semacam ini hendaknya terus dapat dengan semangat menggunakan talenta berharga yang Tuhan sudah berikan untuk mendukung pelayanan yang ada, baik itu dalam kehidupan bergereja maupun bermasyarakat.

Type: Thesis (S2)
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Juni Padmono
Datestamp: 08 Nov 2016 02:59
Last mod: 08 Nov 2016 02:59
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View item View item