Prtiwi, Tri Endah (2020) KEMBANGMARA, GENDHING KETHUK 2 KEREP MINGGAH 4: KAJIAN GARAP GENDER. S1 thesis, ISI SURAKARTA.
|
Text
Tri Endah Pratiwi 16111172.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi karya seni ini memaparkan kajian garap gender terkait adanya keunikan alur melodi balungan dengan pathet sanga dan manyura pada kasus gendhing Kembangmara. Keunikan tersebut terkait alur melodi dengan kesan rasa pathet manyura yang berada pada wilayah pathet sanga. Skripsi karya seni ini membahas tentang sajian gender barung dengan tafsir garap campuran. Dalam sajian gending Kembangmara memiliki pathet induk yaitu laras pelog pathet lima, dalam kasus ini gender barung digarap dengan tafsir pathet campuran, yakni menggabungkan antara tafsir cengkok pathet sanga, pathet nem dan pathet manyura. Permasalahan tersebut dikaji berdasarkan konsep gendèran dan konsep pathet. Data-data penelitian dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara kepada sejumlah seniman karawitan. Beberapa metode terkait pengumpulan data melalui proses studi pustaka, observasi dan wawancara digunakan untuk menyelesaikan permasalah yang ada. Selain itu, pertimbangan garap dari konsep-konsep yang digunakan dalam karawitan tradisi Jawa gaya Surakarta juga dilakukan selama proses menyajikan karya tersebut. Beberapa garap yang digunakan, mulai dari beberapa balungan yang merupakan alur melodinya cenderung mengarah ke pathet manyura sehingga genderan pada gendhing Kembangmara dapat menggunakan tafsir garap dengan wilayah manyura pada laras pelog pathet lima. Kata kunci : Kembangmara, garap, gendèr.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Kembangmara, garap, gendèr |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Karawitan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Karawitan |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 05 Jan 2021 03:02 |
Last mod: | 05 Jan 2021 03:02 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4705 |
Actions (login required)
View item |