METODE PEMBELAJARAN MUSIK PATROL PADA ANAK KB/TK AN-NUR DI DAERAH KAB. JEMBER, JAWA TIMUR

Downloads

Downloads per month over past year

Kinanthi, Nimas Dyah Ayu (2020) METODE PEMBELAJARAN MUSIK PATROL PADA ANAK KB/TK AN-NUR DI DAERAH KAB. JEMBER, JAWA TIMUR. S1 thesis, ISI SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Nimas Dyah Ayu Kinanti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tersebut banyak membahas tentang bagaimana pembelajaran pada anak TK (Taman Kanak – Kanak) yang menggunakan metode kualitatif, lebih tepatnya dengan menggunakan objek musik patrol. Pemahaman dan keseimbangan pola asuh orang tua serta guru dalam perihal ini sangatlah penting, dalam mendidik anak seusia anak di bawah umur atau pra-sekolah hingga memasuki sekolah tingkat TK. Dari penelitian tersebut banyak membahas tentang bagaimana cara membuat anak mampu memahami dan menerima materi tanpa memaksa mereka untuk mengerjakan segala sesuatunya. Selain itu penelitian ini juga membahas tentang bagaimana cara anak mudah berkonsentrasi dalam pembelajaran, beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mampu bekerja sama dengan teman, serta mampu berinteraksi dengan baik. Peran orang tua dalam pendidikan anak, sudah sangat jelas dan tegas bahwa mereka adalah pendidik yang pertama dan utama. Pertama karena merekalah yang memberikan pendidikan, apapun itu untuk pertama kalinya. Ada di tangan mereka jelas untuk memberikan pengaruh dan arahan untuk menjadi apa dan seperti apa. Utama, karena merekalah yang memiliki tanggung jawab, kewajiban, dan kuasa untuk menjadikan anak mereka seperti apa. Sedangkan peran guru dalam pendidikan merupakan faktor mutelak dalam kedudukannya sebagai figur atau idola yang digugu dan ditiru oleh peserta didik. Peran sebagai inspirator berarti seorang guru harus mampu membangkitkan semangat peserta didik untuk maju mengembangkan potensinya. Peran sebagai motivator, mengandung makna bahwa setiap guru harus mampu membangkitkan spirit, etos kerja dan potensi yang luar biasa pada diri peserta didik. Peran sebagai dinamisator, bermakna setiap guru memiliki kemampuan untuk mendorong peserta didik ke arah pencapaian tujuan dengan penuh kearifan, kesabaran, cekatan, cerdas dan menjunjung tinggi spiritualitas. Sedangkan peran guru sebagai evaluasi sikap atau prilaku diri, dan metode pembelajaran yang dipakai dalam pengembangan pendidikan karakter peserta didik, sehingga dapat diketahui tingkat efektivitas, efesiensi, dan produktivitas programnya. Kata kunci: Anak,dan Peran Orang tua, Peran Guru.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Anak,dan Peran Orang tua, Peran Guru
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 05 Jan 2021 02:59
Last mod: 05 Jan 2021 02:59
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4704

Actions (login required)

View item View item