SETTING SEBAGAI PENUNJUK STATUS SOSIAL DALAM FILM ATHIRAH

Downloads

Downloads per month over past year

ADIMASARA, BAIT PUJANGGA (2020) SETTING SEBAGAI PENUNJUK STATUS SOSIAL DALAM FILM ATHIRAH. S1 thesis, INSITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bait-hasil bookmark.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini menganalisis setting sebagai penunjuk status sosial dalam film Athirah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status sosial pada setting yang terdapat dalam film Athirah. Permasalahan pada penelitian ini dibedah dengan menganalisis sampel yang sudah dipilih untuk mengetahui jenis dan fungsi setting yang terdapat pada film Athirah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumen. Untuk analisis data dilakukan secara tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, setting yang menunjukkan status sosial dalam film Athirah adalah setting di dalam truk, setting toko Puang Ajji, setting kamar Athirah, setting ruang makan, setting ruang tamu, setting kamar Ucu, setting lapangan bola, setting rumah Mak Kerah, setting tempat penenunan kain sarung, setting Pasar Tradisional, setting air terjun Bantimurung, setting sekolah, setting jalanan, dan setting dapur. Setting tersebut menunjukkan status sosial Achieved-status menjadi status yang dominan pada film Athirah, sedangkan untuk status sosial Ascribed-status tidak terlalu banyak muncul pada film ini. Kata Kunci: Setting, status sosial, dan film Athirah

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Setting, status sosial, dan film Athirah
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 19 Nov 2020 06:37
Last mod: 19 Nov 2020 06:37
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4585

Actions (login required)

View item View item