STRATEGI KOMUNIKASI PADA VISUAL BRAND KAOS MESEM SITHIK

Pradhana Putra, Novi (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PADA VISUAL BRAND KAOS MESEM SITHIK. S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Tesis Novi Pradhana Putra.pdf

Download (2MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

ABSTRAK Strategi Komunikasi Pada Visual Brand Kaos Mesem Sithik. Novi Pradhana Putra, 2016. Tesis Program Pascasarjana penciptaan dan pengkajian Seni Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, pengkajian seni rupa. Tesis ini membahas tentang strategi visual pada produk cinderamata pariwisata dari Kabupaten Tulungagung, yaitu Kaos Mesem Sithik. Permasalahan penelitian ini terletak pada keberadaan kaos Mesem Sithik, konsep branding kaos Mesem Sithik, dan strategi komunikasi pada visal brand Kaos Mesem Sithik. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berpijak pada pendekatan ikonografi Erwin Panofsky untuk menganalisis bentuk visual, pesan, dan kesesuaian antara keduanya pada visual brand kaos Mesem Sithik. Sumber data penelitian diperoleh dari objek fisik kaos Mesem Sithik, narasumber, pustaka ilmiah, dan dokumen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan telaah dokumen. Proses analisis data menggunakan interaksi analisis dan interpretasi analisis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan keberadaan kaos Mesem Sithik berawal dari gagasan komunal organisasi Paguyuban Cinta Wisata Tulungagung, yang kemudian kepengurusan produksi dipindah tangankan kepada perseorangan. Wahyu Cahyo Utomo sebagai pemilik usaha kaos Mesem Sithik lebih leluasa menuangkan gagasan idiom kebudayaan daerah Kabupaten Tulungagung ke dalam visual brand produk. Perpindahan kepengurusan kaos Mesem Sithik membawa perkembangan dari segi konsep branding produk yang mencakup strategi media dan strategi visual. Desain ilustrasi yang tercetak pada permukaan kaos Mesem Sithik tidak serta merta mengungkap strategi komunikasi produk. Strategi komunikasi kaos Mesem Sithik didapatkan melalui pendekatan ikonografi Erwin Panofsky yang menkaji desain ilustrasi dalam tiga lapisan makna, pra-ikonografi, ikonografi, dan ikonologi. Dari analisis yang dilakukan, strategi komunikasi pada kaos Mesem Sithik mengedepankan keindahan visual, pemanfaatan teks sebagai penjelas universal, penekanan biaya produksi, dan kepantasan norma dalam menyampaikan idiom kebudayaan daerah Kabupaten Tulungagung sebagai brand produk tanpa harus baku mengikuti konsep branding yang telah dirumuskan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Visual Brand, Kebudayaan Daerah

Type: Thesis (S2)
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Juni Padmono
Datestamp: 26 Oct 2016 02:53
Last mod: 26 Oct 2016 02:53
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View item View item