Hekmawati, Kartika Nur (2013) MACAPAT KINANTHI:SEBUAH KAJIAN PERUBAHAN FORMAT MUSIKAL PADA KARAWITAN JAWA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Kartika_Nur_Hekmawati.pdf Download (978kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan dan perkembangan garap musikal dari Sekar Macapat Kinanthi menjadi beberapa bentuk gendhing, baik gendhing vokal maupun bentuk gendhing gamelan. Penulis menggunakan istilah perubahan dan perkembangan garap karena pada kenyataannya Sekar Macapat Kinanthi tidak hanya dibentuk menjadi gendhing gamelan saja, akan tetapi juga mengalami perkembangan dalam bentuk sajian vokal yang lain, seperti: sajian bawa dan palaran. Perubahan garap musikal sekar Macapat Kinanthi menjadi bentuk gendhing gamelan terdapat pada: Lancaran Kinanthi, Slendro Manyura; Ketawang Kinanthi Sandhung, Slendro Manyura; Ketawang Kinanthi Pawukir, Slendro Manyura; Ketawang Kinanthi Wisanggeni, Pelog Nem; Ketawang Kinanthi Wicaksana, Slendro Sanga; Ketawang Gandahastuti, Pelog Nem; Ketawang Pisangbali, Pelog Barang; Gendhing Kinanthi Kethuk 2 Kerep Minggah 4, Pelog Nem; Gendhing Lobong Kethuk 2 Kerep, Slendro Manyura, Gendhing Kethuk 2 Kerep Minggah Ladrangan, Slendro Nem; Gendhing Kethuk 2 Kerep Minggah 4, Pelog Barang; Gendhing Kethuk 2 Kerep Minggah Ladrangan, Slendro Sanga, dan Inggah Kinanthi Kethuk 4, Slendro Manyura. Sedangkan perkembangan garap sajian vokal yang lain terdapat pada Bawa Sekar Macapat Kinanthi Amongjiwa, Slendro Manyura; Palaran Kinanthi, Pelog Barang; dan Palaran Kinanthi, Slendro Manyura. Melalui analisis perbandingan sèlèh nada pada setiap baris sekar Macapat Kinanthi dengan beberapa bentuk gendhing sasaran, maka penulis mencoba untuk mengkorelasikan kerangka balungan gendhing, lagu vokal gerongan, dan garap rebaban pada bentuk-bentuk gendhing sasaran dengan sèlèh nada dan alur lagu dari jenis Sekar Macapat Kinanthi yang menjadi dasar penciptaannya. Oleh karena itu, pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan musikologis, dengan mendasarkan pada konsep garap, balungan, bentuk, dan struktur gendhing. Adanya penelitian ini, karena sebuah pemikiran sebagaimana yang dikemukakan oleh R. Ng. Warsapradangga, bahwa adanya suatu gendhing adalah dari sekar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Kinanthi, Macapat, Musikal, Karawitan |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Karawitan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Karawitan |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 14 May 2020 06:58 |
Last mod: | 14 May 2020 06:58 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4240 |
Actions (login required)
View item |