TEKNIK CAMPURAN PADA PENCIPTAAN KARYA DRAWING BERTEMA KEGERSANGAN ALAM

Downloads

Downloads per month over past year

Nengah Nurata, I Gusti and Gazali, Amir (2019) TEKNIK CAMPURAN PADA PENCIPTAAN KARYA DRAWING BERTEMA KEGERSANGAN ALAM. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
Drs. I Gusti Nengah Nurata,M.Sn.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Teknik Campuran Pada Penciptaan Karya Drawing Bertema Kegersangan Alam bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang berbagai kemungkinan yang dapat diterapkan dalam pembuatan karya seni dengan menggunakan teknik drawing. Drawing atau gambar sama halnya dengan tulisan adalah alat untuk berkomunikasi. Drawing sudah dikenal sejak lama dan merupakan bahasa ungkap manusia untuk mengekspresikan dirinya dan merupakan teknik dengan media yang mudah diperoleh dan relatif murah. Karya drawing dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai karya seni gambar, yaitu pemindahan objek ke permukaan bidang dua dimensional atau tiga dimensional. Dalam penelitian ini pengkarya akan menciptakan karya dengan tema kegersangan alam menggunakan teknik garap drawing hasil temuan pengkarya yang mempunyai gaya personal. Unsur visual bentuk pada karya drawing relatif penuh terisi garis, titik, serta semi garis dan titik dengan menggunakan teknik garap campuran temuan personal pengkarya, yakni campuran dari teknik goresan, titikan, patukan, patukan dan dorongan, tarikan, getaran, dan gesekan. Tampilan visual karya drawing bernuansa warna netral hitam-putih, imajinatif, realistis, fantastis, relatif simbolis dan filosofis dalam bahasa metafor visual personal pengkarya, berkarakteristik dan bergaya bahasa visual personal pengkarya, cerminan karya seni rupa murni yang berakar budaya Bali sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia. Inspirasi penciptaan karya berasal dari perilaku destruktif manusia terhadap sesama manusia, binatang, tetumbuhan dan alam, yang menyebabkan kegersangan alam. Alam yang gersang tidak hanya dimaknai sebagai kerusakan fisik lingkungan tetapi juga memunculkan perilaku-perilaku manusia yang destruktif. Kandungan pesan moral dalam esensi karya drawing mengerucut pada ajakan kepada umat manusia, agar berperilaku bijaksana sebagai perilaku konstruktif terhadap sesama manusia, binatang, tetumbuhan dan alam, yakni berperilaku hidup harmoni dengan sesama manusia, binatang, tetumbuhan dan alam yang berdampak positif bagi manusia. Kata kunci : teknik drawing, kegersangan alam

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: teknik drawing, kegersangan alam
Subject: 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 30 Jan 2020 02:57
Last mod: 30 Jan 2020 02:57
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View item View item