PENYUTRADARAAN PROGRAM MAGAZINE SHOW D’TAIL EPISODE WEDANGAN PENDOPO DENGAN KOMPOSISI SPLIT SCREEN

Downloads

Downloads per month over past year

DWI PANGESTU, RAVIK (2019) PENYUTRADARAAN PROGRAM MAGAZINE SHOW D’TAIL EPISODE WEDANGAN PENDOPO DENGAN KOMPOSISI SPLIT SCREEN. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img] Text
laporan karya RAVIK DWI PANGESTU 11148131.pdf

Download (4MB)
Official url: Institional Repository ISI Surakarta

Abstract

ABSTRAK Ravik Dwi Pangestu, 2019 “ PENYUTRADARAAN PROGRAM MAGAZINE SHOW D’TAIL EPISODE WEDANGAN PENDOPO DENGAN KOMPOSISI SPLIT SCREEN”. 61 Halaman. Tugas Akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain, Jurusan Seni Media Rekam, Prodi S1 Televisi dan Film, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penciptaan karya ini bertujuan untuk mewujudkan komposisi split screen dalam penyutradaraan program magazine show pada episode Wedangan Solo. Metode penciptaan meliputi proses praproduksi, produksi dan pascaproduksi, sedangkan konsep perwujudannya dengan cara membuat rubrikasi dan menerapkan komposisi split screen menggunakan susunan analogus dan komplementer. Hasil penciptaan program magazine show terdiri dari 3 segmen dengan 4 rubrik yang terdiri dari rubrik Tengok Interior, Rubrik Vox Pop, Rubrik Talk Show dan Rubrik Tips dan Trik. Penerapan split screen sebagai variasi visual dan sebagai penguat informasi terdapat pada rubrik tengok interior, split screen lebih bertujuan memberikan informasi lewat pemotongan gambar medium shot dan close up dalam satu frame. Pada rubrik Talk Show, tujuan split screen adalah agar gambar lebih ekspresif dengan menampilkan gambar narasumber ketika menjelaskan tentang Wedangan Pendopo, didukung dengan adanya beberapa shot tentang interior Wedangan Pendopo dan menampilkan interaksi antara pembawa acara dan narasumber. Pada rubrik Tips dan Trik hanya terdapat shot narasumber, maka penggunaan split screen dalam rubrik ini menggunakan komposisi yang bervariatif. Penerapan split screen dalam rubrik Tips dan Trik ini, lebih memberi kesan sebagai pendukung gambaran yang dijelaskan narasumber. Kelebihan dari penggunaan konsep penyutradaraan dengan komposisi split screen adalah sebagai solusi ketika kekurangan stok gambar yang terjadi pada waktu produksi, mendukung motivasi pendukung pada konten dan diharapkan, penonton dapat menikmati serta mendapat informasi dari program ini lewat visual yang variatif .

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: ABSTRAK Ravik Dwi Pangestu, 2019 “ PENYUTRADARAAN PROGRAM MAGAZINE SHOW D’TAIL EPISODE WEDANGAN PENDOPO DENGAN KOMPOSISI SPLIT SCREEN”. 61 Halaman. Tugas Akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain, Jurusan Seni Media Rekam, Prodi S1 Televisi dan Film, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penciptaan karya ini bertujuan untuk mewujudkan komposisi split screen dalam penyutradaraan program magazine show pada episode Wedangan Solo. Metode penciptaan meliputi proses praproduksi, produksi dan pascaproduksi, sedangkan konsep perwujudannya dengan cara membuat rubrikasi dan menerapkan komposisi split screen menggunakan susunan analogus dan komplementer. Hasil penciptaan program magazine show terdiri dari 3 segmen dengan 4 rubrik yang terdiri dari rubrik Tengok Interior, Rubrik Vox Pop, Rubrik Talk Show dan Rubrik Tips dan Trik. Penerapan split screen sebagai variasi visual dan sebagai penguat informasi terdapat pada rubrik tengok interior, split screen lebih bertujuan memberikan informasi lewat pemotongan gambar medium shot dan close up dalam satu frame. Pada rubrik Talk Show, tujuan split screen adalah agar gambar lebih ekspresif dengan menampilkan gambar narasumber ketika menjelaskan tentang Wedangan Pendopo, didukung dengan adanya beberapa shot tentang interior Wedangan Pendopo dan menampilkan interaksi antara pembawa acara dan narasumber. Pada rubrik Tips dan Trik hanya terdapat shot narasumber, maka penggunaan split screen dalam rubrik ini menggunakan komposisi yang bervariatif. Penerapan split screen dalam rubrik Tips dan Trik ini, lebih memberi kesan sebagai pendukung gambaran yang dijelaskan narasumber. Kelebihan dari penggunaan konsep penyutradaraan dengan komposisi split screen adalah sebagai solusi ketika kekurangan stok gambar yang terjadi pada waktu produksi, mendukung motivasi pendukung pada konten dan diharapkan, penonton dapat menikmati serta mendapat informasi dari program ini lewat visual yang variatif .
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 23 Dec 2019 02:57
Last mod: 23 Dec 2019 02:57
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3884

Actions (login required)

View item View item