Pelatihan Mural Wayang Beber Bagi Siswa Difable di SLB Bina Karya Insani Karanganyar

Downloads

Downloads per month over past year

Afrizal, Afrizal (2017) Pelatihan Mural Wayang Beber Bagi Siswa Difable di SLB Bina Karya Insani Karanganyar. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
PELATIHAN MURAL WAYANG BEBER BAGI SISWA DIFABLE_Afrizal.pdf

Download (5MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Mural atau lukisan dinding, merupakan ketrampilan yang dapat dijadikan kegiatan wirausaha bagi siswa berkebutuhan khusus. Pelatihan mural dengan menggunakan wayang beber sebagai objek, diajarkan kepada siswa berkebutuhan khusus (difabel) di SMPLB dan SMALB Bina Karya Insani bertujuan menyiapkan keterampilan kepada para siswa SLB agar mendapatkan pengakuan dan mampu mandiri di masyarakat. Selain memperkenalakan budaya tradisi Jawa yang sudah mulai terlupakan oleh masyarakat Jawa, yaitu Wayang Beber. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan 53 siswa, terdiri dari siswa penyandang Tuna Rungu Wicara (B) dan Tuna Grahita (C). Teknik pelaksanaannya menggunakan metode “brainstorming” dan metode teknik tindakan kelas khusus. Metode brainstorming digunakan agar para peserta workshop aktif mengeluarkan ide-ide mereka dalam bentuk rancangan visual yang akan ditransfer pada tembok lukisan wayang beber. Sedangkan metode tindakan kelas khusus yang dimaksud, yaitu dengan pendekatan persuasif, sebab orang-orang berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian yang lebih. Sehingga dengan pendekatan individual dalam memancing ide dan imajinasi mereka, diharapkan kreativitas para siswa terasah dan berkembang dengan baik. Penerapan pelatihan ini mampu menjadi bekal kemandirian para siswa berkebutuhan khusus saat terjun di masyarakat maupun untuk berwirausaha.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Mural, Siswa Berkebutuhan Khusus, Wayang Beber
Subject: 1. ISI Surakarta > Kriya Seni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Craft Study Program
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 16 Aug 2019 03:27
Last mod: 16 Aug 2019 03:27
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3498

Actions (login required)

View item View item