PENERAPAN METODE BELAJAR PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAP) PADA MATAKULIAH FILSAFAT ILMU DI JURUSAN SENI TARI FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Widyawati, Setya PENERAPAN METODE BELAJAR PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAP) PADA MATAKULIAH FILSAFAT ILMU DI JURUSAN SENI TARI FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI SURAKARTA. Technical Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
PENERAPAN METODE BELAJAR_Setya Widyawati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul Penerapan Metode Belajar Pemetaan Pikiran (Mind Map) Pada Matakuliah Filsafat ILmu di Jurusan Seni Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan menemukan kesenjangan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas untuk segera mengambil tindakan reflektif. Sinyal-sinyal kesenjangan tersebut segera dicatat sebagai sebuah temuan yang harus diatasi. Selain itu PTK ini untuk menemukan model, metode, strategi, dan materi pembelajaran yang efektif untuk matakuliah Filsafat Ilmu. Landasan teori untuk metode pembelajaran matakuliah Filsafat ilmu adalah Teori Mind Map atau teori pemetaan pikiran. Mind Map dapat membantu kita untuk merencana, berkomunikasi, menjadi lebih kreatif, menghemat waktu, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, belajar lebih cepat dan efisien. Mahasiswa harus memiliki keterampilan berpikir, keterampilan sosial, dan keterampilan praktis. Ketiga keterampilan ini didapatkan melalui penerapan pembelajaran interaktif yang digunakan dalam Filsafat Ilmu. Hasil PTK menunjukkan bahwa strategi pembelajaran metode ceramah “Teacher Center Learning” (TCL) tidak dapat dilakukan untuk Matakuliah Filsafat Ilmu. Model pembelajaran dengan penerapan mind mapp untuk sarana memudahkan belajar dan presentasi terbukti efektif. Alat evaluasi dengan model objective test/multiple choice tidak dapat digunakan di kelas Filsafat Ilmu yang menjadi objek PTK. Kata kunci: filsafat ilmu, penelitian tindakan kelas, mind map,

Type: Monograph (Technical Report)
Not controling keyword: filsafat ilmu, penelitian tindakan kelas, mind map,
Subject: 1. ISI Surakarta > Tari
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Dance
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 08 Aug 2019 02:10
Last mod: 08 Aug 2019 02:27
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3405

Actions (login required)

View item View item