UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN SOFT SKILL MAHASISWA DENGAN HIPNOTERAPI MELALUIPENDEKATAN 4P (PRIBADI, PRESS, PROSES, PRODUK) DALAM PEMBELAJARAN PENYUNTINGAN DIGITAL 1 PRODI TV DAN FILM. ISI SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Hudoyo, Sapto (2018) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN SOFT SKILL MAHASISWA DENGAN HIPNOTERAPI MELALUIPENDEKATAN 4P (PRIBADI, PRESS, PROSES, PRODUK) DALAM PEMBELAJARAN PENYUNTINGAN DIGITAL 1 PRODI TV DAN FILM. ISI SURAKARTA. Technical Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN SOFT SKILL_Sapto Hudoyo.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran di kelas, dengan tujuan meningkatkan kreativitas, soft skill serta hasil belajar siswa dengan memanfaatkan hipnoterapi dan pendekatan 4P (Pribadi, Press, Proses, Produk). Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi peningkatan kompetensi mahasiswa dosen dan kampus serta secara umum dapat memberikan kontribusi positif pada dunia pendidikan secara luas. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk menjaring data adalah menggunakan metode wawancara, metode tes untuk mengetahui data hasil belajar mahasiswa dan observasi untuk mengamati perkembangan kreativitas dan soft skill mahasiswa, Untuk validitas data menggunakan tehnik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan 4P yang memanfaatkan hipnoterapi dalam proses pembelajaran Mata Kuliah Penyuntingan Digital 1, mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa, hasil belajar serta soft skill mahasiswa Pendekatan 4P dengan hipnoterapi juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Untuk ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan yang semula hanya 80 % pada siklus I meningkat menjadi 90 % pada siklus II sehingga terjadi kenaikan sebesar 10 % dan telah melebihi batas tuntas indikator keberhasilan penelitian yaitu 85 %. 3) Dengan menggunakan pendekatan 4P yang memanfaatkan hipnoterapi berdampak positif dalam proses belajar mengajar di kelas, yaitu lebih dinamis, inovatif,mahasiswa kelihatan lebih bersemangat dan selalu senang mengikuti proses belajar mengajar di kelas, sehingga hal ini berpengaruh juga terhadap ketrampilan soft skill mahasiswa yaitu (a) Mahasiswa menjadi berani mengemukakan pendapat di depan umum, (b) Mahasiswa dapat lebih menghargai pendapat orang lain, (c) Memiliki tanggung jawab yang besar terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya, (d) kreatif dalam pengembangan ide dan memiliki imajinasi yang baik dalam menyajikan atau mengekspresikan sebuah peran yang dibawakan, (e) memiliki minat serta motivasi tinggi dalam proses pembelajaran di kelas, (f) Memiliki ideide yang baik dan bersifat orisinil dalam proses kreativitas penyusunan karya video editing, (g) Bersikap santun dan menghargai orang lain baik di dalam kelas atau luar kelas, (h) Terbentuk sikap disiplin dan tepat waktu setiap kali mengikuti pembelajaran di kelas, serta (i) Jujur dalam bersikap dan bertutur kata. Kata Kunci: Kreativitas, Soft Skill, 4P (Pribadi, Press, Proses, Produk), Hipnoterapi, Penyuntingan Digital 1

Type: Monograph (Technical Report)
Not controling keyword: Kreativitas, Soft Skill, 4P (Pribadi, Press, Proses, Produk), Hipnoterapi, Penyuntingan Digital 1
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 07 Aug 2019 07:22
Last mod: 07 Aug 2019 07:22
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View item View item