METODE AJAR SENI RUPA YANG EFEKTIF BAGI ANAK DIFABEL DI INDONESIA

Downloads

Downloads per month over past year

Agustina, Theresia (2018) METODE AJAR SENI RUPA YANG EFEKTIF BAGI ANAK DIFABEL DI INDONESIA. Technical Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
METODE AJAR SENI RUPA YANG EFEKTIF_Theresia Agustina S.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Disabilitas masih berkaitan dengan marjinalisasi dan perlakuan yang tidak setara. Dalam hal produksi seni, karya-karya yang dihasilkan oleh para difabel diapresiasi bukan karena kualitas karya, melainkan karena disabilitas yang disandangnya. Kritik seni tidak hidup dalam karya-karya yang dihasilkan para difabel sehingga geliat perkembangan seni di kalangan difabel menjadi statis. Padahal, kritik dan pengembangan kualitas karya merupakan bagian dari perlakuan setara terhadap penyandang disabilitas. Para difabel berhak untuk diapresiasi karyanya: seni sebagai seni, bukan karena afiliasinya terhadap status difabel. Salah satu cara untuk memberlakukan kesetaraan yaitu dengan memperbaiki kualitas pengajaran seni agar kualitas karya yang dihasilkan mampu diperhitungkan di kalangan non-difabel benar-benar sebagai karya. Penelitian ini bermaksud menawarkan metode pengajaran dan pembelajaran seni rupa yang tepat bagi anak difabel. Penelitian dilakukan dengan cara merancang, menguji, sekaligus mengevaluasi metode dan model pengajaran seni rupa yang efektif bagi anak difabel. Hal ini tentu dilakukan untuk mengisi kekosongan wacana metode pendidikan seni rupa yang efektif bagi difabel, meningkatkan kualitas keahlian dan karya, serta menghidupkan atmosfir kesetaraan dalam hal apresiasi karya seni para difabel. Kata kunci : metode ajar, pendidikan, seni rupa, difabel, Indonesia

Type: Monograph (Technical Report)
Not controling keyword: metode ajar, pendidikan, seni rupa, difabel, Indonesia
Subject: 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 06 Aug 2019 02:16
Last mod: 06 Aug 2019 02:16
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View item View item