UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH KEWIRAUSAHAAN DI PRODI TV DAN FILM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Downloads

Downloads per month over past year

Amelia, Citra Ratna (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH KEWIRAUSAHAAN DI PRODI TV DAN FILM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Citra Ratna Amelia, S.Sn., M.Sn._Penelitian.pdf

Download (944kB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada mata kuliah Kewirausahaan di Program Studi Televisi dan Film, sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan fakta di lapangan, sebelum diadakannya penelitian tindakan kelas ini, kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah tersebut termasuk rendah. Faktor yang diduga menyebabkan rendahnya kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa adalah strategi pembelajaran satu arah yakni yang terpusat ke dosen. Strategi pembelajaran tersebut membuat mahasiswa hanya tergantung pada instruksi dosen, mahaiswa hanya bersikap pasif, sehingga mahasiswa kurang bisa menangkap materi perkuliahan yang menyebabkan prestasi belajar mahasiswa menjadi kurang maksimal. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Televisi dan Film FRSD ISI Surakarta semester enam yang sedang menempuh mata kuliah Kewirausahaan pada semester gasal tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 35 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dibagi ke dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini bahwa model pembelajaran berbasis proyek sebagai model pembelajaran mampu meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan. Faktor-faktor yang menyebabkan menjadi tinggi adalah daya berfikir ilmiah mahasiswa dapat terstimuli dengan tepat dan kemampuan belajar mandiri menjadi tinggi setelah belajar kelompok dengan berbagai latarbelakang kemampuan. Melalui belajar berkelompok yang dipimpin oleh teman mereka sendiri yang mempunyai kemampuan yang lebih maka daya kreatitifas menjadi lebih berkembang dan mampu memecahkan persoalan-persoalan anggota dalam kelompok secara mandiri. Sehingga berdasarkan perubahan peningkatan itu maka model pembelajaran berbasis proyek ini mampu meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa dalam belajar mata kuliah Kewirausahaan di Prodi Televisi dan Film ISI Surakarta secara maksimal.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: penelitian tindakan kelas, pembelajaran berbasis proyek, kemandirian, prestasi belajar mahasiswa.
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 03 Jul 2019 07:17
Last mod: 03 Jul 2019 07:17
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3282

Actions (login required)

View item View item