DESAIN TATA RUANG BACA PERPUSTAKAAN YANG RAMAH, MEMENUHI MENYAMANAN DAN KEAMANAN PEMUSTAKA

Downloads

Downloads per month over past year

Islamy, M. Ali Nurhasan (2014) DESAIN TATA RUANG BACA PERPUSTAKAAN YANG RAMAH, MEMENUHI MENYAMANAN DAN KEAMANAN PEMUSTAKA. In: Bunga Rampai Membangun Perpustakaan Ideal. Smart WR, Yogyakarta, pp. 187-198. ISBN 978-602-1384-12-1

[img] Text
Ali DESAIN TATA RUANG BACA PERPUSTAKAAN1.pdf

Download (16MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Ramah, kenyamanan ruang dan keamanan bagi pemustaka di perpustakaan adalah hal yang utama. Sebagai penunjang kegiatan membaca maupuan tempat pusat segala aktivitas kegiatan, pustakawan berkewajiban mendesain ruang perpustakaan senyaman, sesehat dan seaman mungkin. Pengetahuan dan pemahaman mengenai ruang menjadi penting bagi pustakawan untuk menarik pengunjung sebanyak mungkin dan membuat mereka betah berlama-lama berada di perpustakaan dalam penelusuran bahan pustaka atau informasi yang mereka butuhkan. Seperti dalam Undang-Uandang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan jelas mewajibkan pada perpustakaan untuk memberi layanan prima kepada pemustaka. Layanan prima di dalam undang-undang ini dapat diartikan sebagai layanan perpustakaan yang menghadirkan keramahan, kenyamanan dan keamanan bagi pemustaka. Untuk memenuhi kenyamanan dan keamanan perpustakaan dalam artikel ini disampaikan desain tata ruang. Yaitu membuat tempat yang representatif untuk membaca, lay out, perabot, sirkulasi ruang dan unsur pembentuk ruang. Selain itu juga membahas tentang pengkodisian ruang, seperti penghawaan, pencahayaan dan akustik ruangan serta karakteristik warna.

Type: Book Section
Not controling keyword: desain tata ruang baca, ramah, nyaman
Subject: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: ISI Surakarta > ISI Surakarta
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 24 May 2019 03:47
Last mod: 27 May 2019 02:08
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View item View item