Simpul Pemikiran Etika Immanuel Kant Implementasinya Dalam Pembelajaran

Downloads

Downloads per month over past year

Setya Widyawati (2017) Simpul Pemikiran Etika Immanuel Kant Implementasinya Dalam Pembelajaran. EC00201706422.

[img] Text
Setya Widyawati_Simpul Pemikiran Etika Immanuel Kant Implementasinya dalam Pembelajaran.pdf

Download (44MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Buku teks yang berjudul Simpul Pemikiran Etika Immanuel Kant Implementasinya dalam Pembelajaran bertujuan untuk mengetahui pemikiran etika Immanuel Kant, simpul pemikirannya, serta implementasinya dalam pembelajaran. Penulisan buku teks ini merupakan hasil penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan axiologis dalam cabang etika. Obyek material adalah implementasi pemikiran etika dalam sistem pendidikan sedangkan obyek formalnya adalah filsafat axiologi. Immanuel Kant adalah seorang filsuf Jerman (1724 1804) mengemukakan bahwa dalil pertama moralitas adalah memiliki nilai moral sejati yang disebut imperatif kategoris, perbuatan harus dikerjakan dari sisi kewajiban. Dalil kedua adalah perbuatan dikerjakan dari kewajiban yang tidak memiliki moralnya dalam tujuan yang akan dicapai melaluinya tetapi dalam ajaran dimana itu ditentukan. Nilai moralnya, karena itu, tidak bergantung pada realisasi objek perbuatan tetapi hanya pada prinsip kemauan dengan mana perbuatan dikerjakan tanpa memperhatikan objek-objek kecakapan kehendak. Kebijakan pemerintah dalam membentuk karakter dilakukan secara bertahap mulai tahun 2004 dengan KBK. Pada tahun 2011, menggulirkan Kurikulum Pendidikan Karakter. Kebijakan yang paling aktual untuk pendidikan tinggi di tahun 2013 adalah kurikulum SNPT mengacu pada KKNI. Pembelajaran adalah salah satu objek dalam sistem pendidikan. Sistem pendidikan seni merupakan salah satu bentuk sistem pendidikan yang unik karena memiliki karakteristik yaitu menonjolkan karakter nilai-nilai etnik budaya Nusantara sebagai bagian dari jatidiri bangsa. Relevansi antara imperatif kategoris Immanuel Kant dengan dunia pendidikan terletak pada peranan imperatif kategoris yang memberikan inspirasi kepada manusia untuk menyadari pentingnya kehendak baik tanpa pamrih. Kesadaran yang melekat atau internal ini merupakan soft skills sehingga dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan. Pada gilirannya pendidikan akan menghasilkan out put berkualitas yang dicari oleh dunia kerja.

Type: Patent
Not controling keyword: HAKI, Buku, Etika
Subject: 1. ISI Surakarta > Tari
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Dance
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 11 Jan 2019 08:08
Last mod: 11 Jan 2019 08:08
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View item View item